Home > Khazanah

Puasa Asyura 28 Juli 2023: Niat dan Keutamaannya

Puasa Asyura hukumnya sunnah.
Ilustrasi puasa. Puasa Asyura 28 Juli 2023: Niat dan Keutamaannya. Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi puasa. Puasa Asyura 28 Juli 2023: Niat dan Keutamaannya. Foto: Republika/Prayogi

MAGENTA -- Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Bulan ini merupakan salah satu bulan suci dalam agama Islam. Di bulan ini, umat Muslim dilarang berperang.

Dalam Surat At Taubah ayat 36, di mana Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa."

BACA JUGA: Kisah Nabi Luth Tawarkan Tiga Putrinya Agar Tamunya tak Dimangsa Kaum Sodom

.

Salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW selama Muharram adalah puasa Tasua dan Asyura. Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ)).

"Puasa yang paling afdhal (utama) setelah bulan Ramadhan adalah (puasa) di bulan Allah, (yaitu) bulan Muharram. Adapun sholat yang paling utama setelah (sholat) fardhu adalah sholat malam." (HR Muslim)

Puasa Tasua dilaksanakan pada 9 Muharram atau jatuh pada Kamis, 27 Juli 2023. Sedangkan puasa Asyura dilaksanakan pada Jumat, 28 Juli 2023.

BACA JUGA: Kisah Nabi Adam Minta Buah-buahan dari Surga Menjelang Kematiannya

Berikut ini niat puasa Asyura dan keutamaannya...

× Image