Home > Tips

Pertolongan Pertama Saat Benda Asing Masuk ke Telinga dan Hidung

Meneteskan gliserin ke dalam telinga akan membuat serangga mati lemas.
Dokter melakukan pembersihan kotoran telinga. Pertolongan Pertama Saat Benda Asing Masuk ke Telinga dan Hidung. Foto: Dok. Republika
Dokter melakukan pembersihan kotoran telinga. Pertolongan Pertama Saat Benda Asing Masuk ke Telinga dan Hidung. Foto: Dok. Republika

MAGENTA -- Telinga merupakan organ yang berfungsi sebagai indera pendengaran. Telinga terdiri dari daun telinga, saluran telinga, saluran eustachius, rumah siput (koklea), dan saluran gelang (labirin).

Bunyi masuk ke telinga melalui telinga bagian luar yang terdiri dari daun telinga dan saluran telinga. Kemudian, bunyi diteruskan ke telinga tengah yang berisi gendang telinga.

BACA JUGA: Tak Rela Firaun Bertaubat, Malaikat Jibril Sumpal Mulut Firaun dengan Lumpur

.

Agar pendengaran tetap terjaga, merawat kebersihan dan kesehatan telinga penting dilakukan. Jika tidak, berbagai masalah pada telinga akan muncul, seperti infeksi telinga, telinga berdenging, dan menjadi tuli mendadak.

Namun, jika ada benda asing masuk ke lubang telinga, Lucia Priandarini dalam bukunya yang berjudul 1001 Tip Sehat memberikan cara mengatasinya.

Cara Mengeluarkan Benda Asing di Telinga dan Hidung

• Serangga masuk ke telinga

Bawalah korban ke ruangan yang gelap dan terangilah lubang telinga dengan senter. Jika serangga masih tampak, keluarkan dengan pinset.

• Benda keras masuk ke telinga

Cara mengeluarkannya dengan memiringkan telinga ke bawah dan menarik daun telinga ke berbagai arah. Bisa juga dengan memiringkan kepala korban sehingga telinga yang termasuki serangga itu menghadap ke atas.

Teteskan beberapa tetes gliserin atau minyak (minyak makan atau minyak mineral) ke dalam telinga. Ini akan membuat serangga mati lemas.

BACA JUGA: Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

Kemudian, miringkan telinga ke bawah dan cucilah telinga dengan air hangat. Gunakan penyemprot karet untuk memasukkan air.Jika benda yang akan dikeluarkan masih nampak oleh mata, bubuhkanlah setetes lem yang mudah kering di ujung sebuah anak korek api.

Perlahan tempatkan ujung korek api tersebut pada benda. Tunggu sampai lem melekat, kemudian tariklah keluar. Tapi, jangan coba menggunakan cara ini jika benda tidak terlihat.

Jika pertolongan pertama tidak berhasil, segera bawa korban ke dokter.

• Benda asing masuk ke hidung

Embuskan napas kuat-kuat untuk mengeluarkan benda itu keluar dari hidung. Jika benda terlihat, miringkan kepala ke belakang, masukkan lipatan kawat yang halus lipatannya (bukan kawat yang tajam) ke bawah atau ke atas benda itu, lalu tarik keluar.

Jika usaha ini tidak berhasil, bawalah ke dokter.

BACA JUGA:

Feses Bisa Tunjukkan Kondisi Tubuh, Apa Warna Feses Kamu Hari Ini?

Pertolongan Pertama pada Luka Bakar, Bukan Diolesi Mentega

Orang Betawi Sakit Obatnya Cuma Dedaunan: Resep Ramuan Tradisional, dari Borok Hingga Keremian

Sering Jadi Lalapan, Daun Pegagan Bisa untuk Obat Bisul, Amandel, Asma, dan Tifus

Ngeyel, Soeharto Ogah Pakai Rompi Antipeluru Saat Kunjungi Bosnia pada 1995

× Image