Home > Khazanah

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram

Doa akhir tahun dibaca sebelum Maghrib pada akhir tahun tanggal 29/30 Dzulhijjah.
Ilustrasi Muslimah berdoa. Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram. Foto: Pixabay
Ilustrasi Muslimah berdoa. Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram. Foto: Pixabay

MAGENTA -- Berdasarkan SKB Tiga Menteri Terbaru tentang Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, Tahun Baru Islam 2023 atau 1 Muharram 1445 Hijriyah jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023.

Dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram, ada doa yang bisa dipanjatkan umat Islam. Dikutip dari NU Online, doa akhir tahun dibaca sebelum Maghrib pada akhir tahun tanggal 29/30 Dzulhijjah. Sedangkan doa awal tahun dibaca setelah Maghrib pada 1 Muharram. Sebab, perhitungan tahun hijriyah dimulai setelah terbenamnya matahari.

BACA JUGA: 1 Muharram 2023, Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Tanggal Berapa?

.

Doa awal tahun dibaca sebanyak tiga kali. Dengan doa ini, diharapkan pembacanya mendapat anugerah dan kemurahan Allah pada tahun baru ke depan.

Berikut ini bacaan doa akhir dan awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah dalam kitab Maslakul Akhyar.

Doa Akhir Tahun

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihi sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya:

“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

BACA JUGA: Cara Mengobati Sihir Cinta Guna-Guna Istri pada Suami, Baca Ayat Alquran Ini

Doa awal tahun di halaman selanjutnya...

× Image