Home > News

Penggemar Terharu, BTS Luncurkan Memoar Peringati 10 Tahun Debut

Beyond the Story: 10-Year Record of BTS adalah buku resmi pertama BTS.
Seorang pengunjung Toko Buku Kyobo di pusat kota Seoul melihat memoar megabintang K-pop BTS Beyond the Story: 10-year Record of BTS untuk memperingati 10 tahun debut mereka di Seoul, Korea Selatan, 9 Juli 2023. Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Seorang pengunjung Toko Buku Kyobo di pusat kota Seoul melihat memoar megabintang K-pop BTS Beyond the Story: 10-year Record of BTS untuk memperingati 10 tahun debut mereka di Seoul, Korea Selatan, 9 Juli 2023. Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT

MAGENTA -- Megabintang K-pop BTS merilis memoar mereka yang sangat dinantikan di Korea Selatan, Ahad (9/7/2023). Peluncuran buku dilakukan di hari jadi ke-10 mereka sebagai sebuah grup.

Beyond the Story: 10-Year Record of BTS adalah buku resmi pertama BTS. Menurut agensi mereka BIGHIT MUSIC, memoar ini berisi ringkasan kronologi karier musik mereka serta bocoran tentang apa yang akan mereka lakukan di masa depan mereka.

BACA JUGA: On This Day: 9 Juli 1976, Satelit Pertama Indonesia Palapa A1 Mengangkasa

.

Hujan lebat sempat menyurutkan kerumunan penggemar pagi ini. Tetapi, beberapa penggemar fanatik menantang cuaca untuk berkumpul di depan toko buku Kyobo di Gwanghwamun, salah satu yang terbesar di Seoul.

Penggemar dari Sri Lanka, Lakshi mengatakan jika kegembiraannya diukur pada skala satu sampai 10, maka kegembiraannya adalah satu juta. “Saya datang ke sini sejak pukul 9 pagi dan akhirnya saya mendapatkan buku ini!” kata Aqilah, seorang penggemar dari Malaysia, dilansir di Malay Mail, Ahad.

Buku tersebut, yang juga dirilis di Amerika Serikat, melesat ke puncak daftar buku terlaris Amazon dan Barnes and Noble pada Mei berkat kekuatan pre-order. Penerbit AS Flatiron Books mengatakan BTS menulis memoar mereka bersama jurnalis Korea Selatan Kang Myeong-seok.

BACA JUGA: Mengenal K-Beauty, Tren Perawatan Kulit Wajah dari Korea Selatan

Tanggal rilis memoar tersebut, 9 Juli, adalah tanggal penting dalam sejarah septet tersebut. Ini adalah hari basis penggemar internasional setia BTS, yang dikenal sebagai ARMY, pertama kali muncul 10 tahun yang lalu.

“(BTS) Terima kasih telah menyelamatkanku saat aku membutuhkannya. Saya berharap bisa mengatakan lebih banyak, tapi saya akan menangis sekarang,” kata Audrey, penggemar lain dari Malaysia yang menjadwalkan liburan ke Seoul bertepatan dengan perilisan memoar tersebut.

Selama satu dekade menjadi pusat perhatian, BTS telah menjadi fenomena budaya global. Tiket konsernya di stadion selalu ludes. Lagu mereka mendominasi tangga lagu di seluruh dunia sambil meraup miliaran dolar untuk ekonomi Korea Selatan.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Drama Korea untuk Si Introvert, Mana Favoritmu?

Band ini saat ini sedang hiatus, dengan beberapa anggota mengejar proyek solo. Sedangkan dua anggota grup menyelesaikan wajib militer. Semua pria berbadan sehat di Korea Selatan harus melayani setidaknya 18 bulan di militer.

Setelah perdebatan selama bertahun-tahun tentang apakah BTS pantas mendapatkan pengecualian, Jin, anggota tertua grup, mendaftar tahun lalu. Rekan satu grupnya J-Hope memulai layanan wajibnya pada April.

Sebelum jeda, BTS mengantongi enam hit No. 1 di Hot 100. Billboard mengatakan ketujuh anggota boyband tersebut telah mencapai tangga lagu teratas dengan lagu solo masing-masing.

BACA JUGA:

Imbas Makin Banyak Lajang, Muncul Tren Pemakaman Ini di Korea

Tertarik Kuliah di Korea? Simak 5 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

Rekomendasi Stiker Gifs Estetis untuk Instagram Story Kamu

× Image