Home > Khazanah

Bacaan Niat Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Latin dan Arti

Kedudukan niat dalam beribadah sangatlah penting.
Seorang wanita menunaikan sholat. Bacaan Niat Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Latin dan Arti. Foto: Republika/Putra M. Akbar
Seorang wanita menunaikan sholat. Bacaan Niat Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Latin dan Arti. Foto: Republika/Putra M. Akbar

MAGENTA -- Hal yang pertama kali perlu diperhatikan oleh seseorang dalam melakukan suatu perbuatan adalah niat, karena inilah yang menjadi tolok ukur perbuatan itu akan dikategorikan sebagai ibadah kepada Allah atau bukan.

Misalnya bekerja. Kalau diniatkan beribadah, maka bagi orang yang melaksanakannya akan mendapat nilai lebih dari Allah berupa pahala, di samping ia akan bisa menikmati hasil dari pekerjaannya itu.

Berniat untuk melakukan suatu perbuatan baik, Allah akan memberikan pahala atas niat itu. Jika niat baik itu bisa dilaksanakan, ganjarannya akan dilipatgandakan menjadi 700 kali lebih besar.

.

.

Kedudukan niat dalam beribadah sangatlah penting. Bahkan sebagian besar ulama menyatakan niat itu kedudukannya wajib dalam melaksanakan suatu ibadah. Dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari-Muslim Rasulullah bersabda:

اِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنَيَاتِ ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِي مَانَوى.

"Sesungguhnya amalan itu tergantung dari niatnya. Dan seseorang akan memperoleh apa yang menjadi niatnya..."

BACA JUGA: Bacaan Doa Qunut Arab, Latin, dan Terjemahan

Hikmah niat di halaman selanjutnya...

× Image