Home > News

Pemkot Cilegon Gelar Jajanan dan Ribuan Porsi Rabeg Gratis, Catat Tanggalnya

Rabeg merupakan olahan daging kambing makanan khas Kota Cilegon.
Kantor Wali Kota Cilegon. Pemkot Cilegon Gelar Jajanan dan Ribuan Porsi Rabeg Gratis, Catat Tanggalnya. Foto: Diskominfo Kota Cilegon
Kantor Wali Kota Cilegon. Pemkot Cilegon Gelar Jajanan dan Ribuan Porsi Rabeg Gratis, Catat Tanggalnya. Foto: Diskominfo Kota Cilegon

MAGENTA -- Warga Kota Cilegon yang ingin menyantap rabeg gratis datanglah ke kantor Wali Kota Cilegon pada Senin, 8 Mei 2023. Rabeg merupakan olahan daging kambing makanan khas Kota Cilegon.

Selain ribuan porsi rabeg yang sudah disiapkan, ada juga jajanan gratis yang disediakan oleh 25 stan makanan UMKM Kota Cilegon. Kagiatan tersebut bakal digelar di halaman kantor Wali Kota Cilegon, di Jalan Soedirman.

Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin mengatakan rabeg dan jajanan gratis disediakan untuk memeriahkan acara Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

.

.

"Jadi selain ada 2.400 porsi rabeg yang akan dicatat dalam rekor Muri, kami juga menyediakan jajanan gratis. Semua ini untuk masyarakat," kata Maman kepada wartawan dalam keterangannya, Jumat (5/5/2023).

Kegiatan Rekor Muri Rabeg akan dihadiri para wali kota dan utusan dari 25 kota yang menjadi anggota Apeksi Wilayah III. "Tentu saya berharap, dirangkulnya para pelaku usaha kecil tersebut bisa menggairahkan perekonomian di Kota Cilegon. Selain itu, kuliner asal Cilegon juga diharapkan semakin dikenal," katanya.

Ketua Panitia Rekor Muri Rabeg Sabri Mahyudin mengatakan penyelenggaraan ini melibatkan berbagai pihak, terutama masyarakat di delapan kecamatan se-Cilegon. "Dari 2.400 itu adalah masing-masing kontribusi dari kecamatan dan kelurahan," kata Sabri.

BACA JUGA: Wali Kota Cilegon Ajak Guru Agama Bekerja Ikhlas

Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi Pembangunan itu menjelaskan setiap kecamatan nantinya akan menyajikan 300 porsi rabeg. Sehingga total menu yang akan disajikan sebanyak 2.400 porsi.

"Kenapa 2.400? Karena bertepatan dengan hari jadi Kota Cilegon ke-24," jelasnya.

Camat Purwakarta Ikhlasinnufus mengaku sangat siap untuk menyukseskan acara rekor Muri rabeg tersebut. "Rabeg sudah siap, koordinasi sudah berjalan. Ada 300 porsi yang akan kami siapkan," ucapnya.

Dalam pembuatan 300 porsi rabeg, ia telah berkoordinasi dengan para lurah, pelaku UMKM, serta elemen masyarakat. Untuk masak kami melibatkan masyarakat kurang lebih lima orang, dari Kaligandu, Kecamatan Purwakarta," tuturnya.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian berharap kegiatan yang bakal dihadiri utusan 25 kota tersebut bisa menjadi ajang promosi rabeg sebagai makanan khas Kota Cilegon. "Kita ingin promosikan rabeg Cilegon. Ini sejarah rabeg Cilegon masuk Muri, karena kita ingin membuat yang belum ada menjadi ada, dulu tidak ada rekor ini," katanya.

Tak hanya itu, UMKM Kota Cilegon juga diharapkan bisa lebih dikenal dan bisa menjadi oleh-oleh bagi tamu yang berkunjung ke Cilegon. "Alhamdulillah kegiatan Cilegon Fest dan Apeksi ini akan membawa berkah dan manfaat buat masyarakat Kota Cilegon," katanya. (MHD)

BACA JUGA:

Ketika Sunan Gunung Jati Diminta Menebak Perempuan Hamil oleh Kaisar China

Cara Membuat Status Whatsapp (WA) Pakai Voice Note di Android dan iPhone

5 Hal Kamu Perlu Tahu Soal Penobatan Raja Charles, Waktu dan Ritualnya

Jangan Sekali-kali Menahan Bersin, Ini Bahayanya

Bacaan Wirid Sesudah Sholat Fardhu Lengkap

Niat dan Doa Sholat Dhuha Arab, Latin dan Artinya

× Image