Home > News

5 Hal Kamu Perlu Tahu Soal Penobatan Raja Charles, Waktu dan Ritualnya

Pada 6 Mei 2023, Raja Charles III akan menjadi raja Inggris ke-40 yang akan dimahkotai.

Apa yang terjadi selama proses penobatan Raja Charles?

Pejalan kaki melewati kios yang menjual bendera pengumuman Penobatan Raja Charles di London, Jumat, 5 Mei 2023. Penobatan Raja Charles III akan berlangsung di Westminster Abbey pada 6 Mei. Foto: AP Photo/Alessandra Tarantino
Pejalan kaki melewati kios yang menjual bendera pengumuman Penobatan Raja Charles di London, Jumat, 5 Mei 2023. Penobatan Raja Charles III akan berlangsung di Westminster Abbey pada 6 Mei. Foto: AP Photo/Alessandra Tarantino

Upacara penobatan akan dipimpin oleh uskup agung Canterbury di Westminster Abbey. Ritual yang dilakukan, termasuk pengakuan, sumpah penobatan, pengurapan, pentahbisan, dan penobatan.

Prosesi pertama ke Westminster Abbey akan dihadiri oleh perwakilan dan pemimpin dari berbagai agama dan negara Persemakmuran. Selama proses pengakuan, Raja Charles akan berdiri di samping Kursi Penobatan dan akan dipersembahkan oleh uskup agung kepada orang-orang di dalam Biara. Mereka kemudian akan menyatakan: Tuhan selamatkan Raja!

Selama sumpah, raja akan berjanji untuk menegakkan hukum dan gereja. Pengurapan melibatkan prosesi melepas jubah upacara raja dan duduk di Kursi Penobatan. Uskup agung akan mengurapi raja dengan minyak suci, yang simbolismenya adalah penganugerahan rahmat Tuhan atas raja.

.

.

Raja akan kembali ke Kursi Penobatan dan diberikan artefak kerajaan, seperti bola kerajaan dan tongkat kerajaan. Uskup agung kemudian akan menempatkan Mahkota St Edward di kepala raja.

Selama penobatan, raja akan meninggalkan Kursi Penobatan dan pindah ke takhta. Camilla kemudian akan diurapi.

Setelah kebaktian, pada pukul 13.00 waktu setempat, raja dan permaisuri akan kembali ke Istana Buckingham dalam apa yang disebut sebagai Prosesi Penobatan. Dalam perjalanan pulang, mereka akan menunggangi Gold State Coach yang ditarik oleh delapan kuda Windsor Grey. Kereta kencana Gold State Coach telah digunakan untuk setiap penobatan sejak 1800-an.

Raja kemudian akan menyapa orang banyak di The Mall dari balkon Istana Buckingham.

BACA JUGA: Wortel Bisa Bikin Penglihatan Lebih Tajam, Mitos atau Fakta?

× Image