Home > Khazanah

4 Amalan untuk Meraih Lailatul Qadar

Allah SWT menyiapkan ampunan-Nya yang sangat besar di malam Lailatul Qadar.

Amalan Meraih Lailatul Qadar

Umat Islam membaca Al Quran bersama-sama di Masjid Raya Nurul Islam, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (27/4/2022). Foto: ANTARA/Makna Zaezar
Umat Islam membaca Al Quran bersama-sama di Masjid Raya Nurul Islam, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (27/4/2022). Foto: ANTARA/Makna Zaezar

2. Memperbanyak Dzikir dan Doa

Memperbanyak dzikir adalah salah satu cara paling mulia untuk menghabiskan malam guna mendapat kemulian malam Lailatul Qadar. Terlebih lagi bahwa itu dzikir yang memang benar-benar diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi SAW. Seperti lafadz "laa Ilaaha illallah" yang disebutkan dalam hadits bahwa itu ialah afdhalnya dzikir.

Dan tentu saja berdoa menjadi suatu keharusan dan kebutuhan seorang hamba pada malam itu. Karena salah satu kemuliaan Ramadhan ialah bahwa Ramadhan adalah waktu dimana kemungkinan diijabahnya doa seorang hamba.

.

.

Dan pada malam-malam sepuluh terakhir ini, Rasul telah mencontohkan kita dalam hadistnya tentang doa yang sering beliau baca dan beliau ajarkan kepada kita melalui istrinya 'Aisyah ra untuk kita baca di malam-malam mulia ini, yaitu:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf, dan Engkau mencintai Maaf, maka maafkan aku" (HR Ahmad, Tirmidzi, Nasa'l, Ibnu Majah)

Inilah doa yang sering dibaca berulang-ulang oleh Nabi SAW ketika memasuki malam sepuluh terakhir bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Lebaran Sebentar Lagi, Apa Hukum Membayar Zakat Fitrah Secara Online?

× Image