Home > Khazanah

Mengapa 17 Ramadhan Diperingati Sebagai Nuzulul Quran?

Tahun ini, Nuzulul Quran jatuh pada 8 April 2023.

Salah Satu Keistimewaan Alquran

Sejumlah umat Islam membaca Alquran sambil menunggu waktu berbuka puasa di depan Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta, Senin (18/4/2022). Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah umat Islam membaca Alquran sambil menunggu waktu berbuka puasa di depan Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta, Senin (18/4/2022). Foto: Republika/Putra M. Akbar

Setelah diturunkan secara lengkap (keseluruhan) dari Lauh Mahfudz ke langit Dunia (Baitul-Izzah), Alquran turun secara berangsur selama 23 tahun (ini menurut salah satu pendapat yang banyak dipegang ulama); 13 tahun di Makkah dan 10 tahun di Madinah.

Dan inilah salah satu keistimewaan Alquran. Kitab suci umat Nabi Muhammad ini turun secara berangsuran setelah sebelumnya diturunkan secara lengkap/sekaligus. Ini berbeda dengan kitab-kitab samawi lainnya yang diturunkan secara sekaligus, yaitu Injil, Taurat dan Zabur, tanpa ada angsurannya.

Ahmad Zarkasih mengatakan yang menjadi dasar kebanyakan kaum Muslim dalam memperingati nuzulul quran pada malam tanggal 17 Ramadhan, mungkin apa yang disebutkan oleh Imam Ibnu Katsir (W. 774 H) dalam kitabnya Al-Bidayah wan-Nihayah;

.

وَرَوَى الْوَاقِدِيُّ بِسَنَدِهِ عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ الْبَاقِرِ أَنَّهُ قَالَ:

كَانَ ابْتِدَاءُ الْوَحْيِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يوم الِاثْنَيْنِ، لِسَبْعَ عَشْرَةَ لَيْلَةً خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ وَقِيلَ فِي الرَّابِعِ وَالْعِشْرِينَ مِنْهُ.

Al-Waqidi meriwayatkan dari Abu Ja'far Al-Baqir yang mengatakan bahwa "wahyu pertama kali turun pada Rasul SAW pada hari senin 17 Ramadhan dan dikatakan juga pada 24 Ramadhan."

BACA JUGA: Dari Pejuang Hingga Jadi Bandit, Siapa Kusni Kasdut yang Dieksekusi Mati pada 1980?

Bahwa malam lailatul qadar yang disebut sebagai malam turunnya Alquran ialah benar, karena itu ialah malam yang Alquran turun secara lengkap sekaligus dari Lauh-Mahfuzd ke langit dunia (baitul-Izzah).

Dan Alquran turun secara berangsuran yang didahului dengan surat Al-'Alaq ayat 1-5 yang juga momentum pengangkatan Muhammad SAW menjadi Rasul ialah malam 17 Ramadhan. Momen inilah yang sering dirayakan oleh kebanyakan umat Islam, baik di Indonesia ataupun di negeri lain.

Walaupun penetapan malam 17 Ramadhan sebagai waktu awalnya turun Alquran itu juga masih diperselisihkan oleh kebanyakan ulama.

BACA JUGA:

Lebaran Sebentar Lagi, Bagaimana Hukum Jual Beli Uang Baru?

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Mewakili Keluarga

Asal-usul THR: Dulu Hanya untuk PNS, Kini Semua Pekerja Terima

Kesederhanaan Bung Hatta: Ironi Sepatu Bally tak Terbeli dan Tas Branded Istri Pejabat

Orang Betawi Sakit Obatnya Cuma Dedaunan: Resep Ramuan Tradisional, dari Borok Hingga Keremian

× Image