Home > Khazanah

Mengapa 17 Ramadhan Diperingati Sebagai Nuzulul Quran?

Tahun ini, Nuzulul Quran jatuh pada 8 April 2023.
Ilustrasi peringatan malam Nuzulul Quran. Mengapa 17 Ramadhan Diperingati Sebagai Nuzulul Quran? Foto: Antara/Moch Asim
Ilustrasi peringatan malam Nuzulul Quran. Mengapa 17 Ramadhan Diperingati Sebagai Nuzulul Quran? Foto: Antara/Moch Asim

MAGENTA -- Lazim bagi umat Muslim di Indonesia memperingati Nuzulul Quran pada 17 Ramadhan. Tahun ini, Nuzulul Quran jatuh pada 8 April 2023.

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Syamsul Hidayat, dikutip di Muhammadiyah.or.id menyampaikan para ulama sepakat Nuzulul Quran terjadi pada 17 Ramadan dengan mengacu pada Surat Al Anfal ayat 41.

“Pada hari Furqan itu adalah hari bertemunya dua pasukan, yaitu perang Badar, dan perang itu terjadi pada 17 Ramadhan,” ujar Syamsul.

.

.

Ahmad Zarkasih dalam bukunya Meraih Lailatul Qadar Haruskah I'tikaf terbitan Rumah Fiqih mengatakan jumhur ulama sepakat Alquran diturunkan sekaligus ke langit dunia (daarul Izzah) pada malam lailatul qadar. Kemudian, diturunkan dengan cara berangsur-angsur sepanjang kehidupan Nabi Muhammad SAW setelah beliau diangkat menjadi Nabi di Makkah dan Madinah sampai wafat.

BACA JUGA: Serangan Israel: Dimana Masjid Al Aqsa dan Mengapa Begitu Penting Bagi Dunia Islam?

Banyak para ulama yang mengatakan pendapat inilah yang setidaknya bisa diterima dengan bantahan yang minim. Pendapat ini karena berdasar kepada suatu riwayat yang dikeluarkan oleh Imam Hakim dalam mustadrok-nya dengan sanad yang shohih, dari Ibnu Abbas radhiyallhu 'anhuma;

Beliau mengatakan bahwasanya Alquran itu turun sekaligus ke langit dunia pada malam lailatul qadar. Kemudian diturunkan berangsur-angsur selama 20 tahun, kemudian ia membaca ayat,

وَقُرْاٰنًا فَرَقْنٰهُ لِتَقْرَاَهٗ عَلَى النَّاسِ عَلٰى مُكْثٍ وَّنَزَّلْنٰهُ تَنْزِيْلً

Alquran Kami turunkan berangsur-angsur agar engkau (Nabi Muhammad) membacakannya kepada manusia secara perlahan-lahan dan Kami benar-benar menurunkannya secara bertahap. (Surat Al Furqan ayat 106)

BACA JUGA: Lebaran Sebentar Lagi, Apa Hukum Membayar Zakat Fitrah Secara Online?

× Image