Home > Khazanah

Lebaran Sebentar Lagi, Apa Hukum Membayar Zakat Fitrah Secara Online?

Zakat fitrah wajib dibayarkan setiap orang Islam menjelang datangnya Idul Fitri.

Dalam kaitan ini, lanjut Zahro, yang penting muzakki (orang yang berzakat) harus berniat mengeluarkan zakat fitrah, baik untuk diri sendiri maupun anggota keluarga yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini disepakati oleh fuqaha berdasarkan sabda Nabi SAW (yang maknanya): "Sungguh pada setiap perbuatan itu harus disertai dengan niat," (HR al-Jamaah dari Umar bin al-Khattab ra).

Tidak kalah penting adalah 'aamil (panitia) zakatnya harus diyakini amanah (dapat dipercaya) dan memahami fiqih zakat, sehingga tidak terjadi manipulasi zakat ataupun salah sasaran dalam distribusinya.

2. Dari segi efeknya

Kemungkinan akibat yang muncul dari pembayaran zakat fitrah secara online adalah terjadinya naqluz zakah (pemindahan zakat) ke luar daerah muzakki, mengingat transaksi online itu biasanya melibatkan para pihak yang berjauhan. Mengenai naqluz zakah ini, para fuqaha berbeda persepsi dan ekspresi mereka.

Fuqaha Hanafiyah menyatakan makruh memindahkan zakat, kecuali untuk diberikan kepada kerabat yang membutuhkan atau sekelompok orang yang lebih membutuhkan daripada warga sekitar muzakki. Sementara fuqaha Malikiyah melarang memindahkan zakat ke daerah lain, kecuali jika ada kebutuhan mendesak setelah dilakukan penelitian dengan saksama.

Sedangkan fuqaha Syafi'iyah menyatakan tidak boleh memindahkan zakat dari daerah muzakki yang ada fakir-miskinnya ke daerah lain, kecuali daerah muzakki tersebut tidak ada fakir-miskinnya, maka boleh dipindah ke daerah lain yang ada mustahiq-nya (yang berhak menerima zakat). Begitu pula fuqaha Hanabilah, juga melarang memindahkan zakat ke daerah lain yang melebihi jarak qashar (sekitar 80 Km).

"Dengan demikian dapat dipahami walaupun membayar zakat secara online itu diperbolehkan, tetapi hendaknya dihindari terjadinya naqluz zakah, kecuali ada alasan yang dapat dibenarkan secara syar'i (menurut ajaran Islam). Wallahu a'lam," kata Zahro.

Baca juga:

Niat Sholat Subuh Lengkap dengan Latin dan Artinya

Doa Sholat Tahajud Beserta Niat, Keistimewaan, dan Bacaan Istighfar

Doa Mohon Kebaikan Dunia Akhirat, Latin dan Artinya

Dari Pejuang Hingga Jadi Bandit, Siapa Kusni Kasdut yang Dieksekusi Mati pada 1980?

Kesederhanaan Bung Hatta: Ironi Sepatu Bally tak Terbeli dan Tas Branded Istri Pejabat

× Image