Home > Khazanah

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan

Wajib bagi Muslim yang mampu untuk menunaikan puasa Ramadhan.
Ilustrasi Buka Puasa Bersama. Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan. Foto: Dok. Republika
Ilustrasi Buka Puasa Bersama. Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan. Foto: Dok. Republika

MAGENTA -- Wajib hukumnya bagi umat Islam menunaikan puasa Ramadhan. Kewajiban ini tertuang dalam ayat-ayat Alquran dan sabda Nabi Muhammad SAW.

Berikut Magenta sajikan dalil kewajiban puasa Ramadhan, dikutip dari Bekal Ramadhan dan Idul Fithri 1: Menyambut Ramadhan tulisan Saiyid Mahadhir terbitan Rumah Fiqih.

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan

Surah Al Baqarah ayat 183

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Surah Al Baqarah ayat 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Baca juga: Apa Hukum Memakai Pewangi Mulut Saat Berpuasa?

Ditambah dengan sabda Rasulullah SAW

بُنِيَ الإِسْلامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُول اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالحَجَ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Islam dibangun atas lima, syahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, pergi haji dan puasa Ramadhan. (HR. Bukhari dan Muslim).

Juga hadits beliau saat ditanya perihal puasa berikut.

أَنَّ رَجُلاً جَاءَ إِلى النَّبِيِّ ثَائِرَ الرَّأْسِ فَقَالَ: يَا رَسُولَ الله أَخْبِرْنِي مَاذَا فَرَضَ اللَّهُ عَلَيَّ مِنَ الصِّيَامِ ؟ قَالَ شَهْرُ رَمَضَانَ قَالَ هَلْ عَلَيَّ غَيْرُهُ ؟ قَالَ لَا إِلا أَنْ تَطَوَّعَ شيئاً

Dari Thalhah bin Ubaidillah ra bahwa seseorang datang kepada Nabi saw dan bertanya, "Ya Rasulullah, katakan padaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa?" Beliau menjawab, "Puasa Ramadhan". "Apakah ada lagi selain itu ?" Beliau menjawab, "Tidak, kecuali puasa sunnah" (HR. Bukhari dan Muslim)

Juga kesepakatan para ulama (ijma') yang meyakini hukum puasa ramadhan itu adalah kewajiban bagi setiap Muslim dan muslimah, asalkan terpenuhinya syarat-syarat berikut ini.

Baca juga: Niat Puasa Ramadhan, Arab, Latin dan Terjemahan

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

1. Beragama Islam

2. Baligh (sampai umur)

3. Berakal

4. Sehat

5. Mampu

6. Tidak sedang dalam perjalanan (safar)

7. Tidak sedang dalam kedaan haid atau nifas.

Maka lengkap sudahlah dalil kewajiban puasa Ramadhan. Bagi yang berpuasa dia akan mendapatkan pahala dan bagi yang tidak berpuasa bukan karena alasan yang diperbolehkan, maka dia berdosa. Bahkan, bagi yang meyakini puasa Ramadhan bukan bagian dari kewajiban maka khawatirnya yang demikian sudah membuatnya keluar dari status sebagai seorang muslim atau muslimah.

Baca juga:

Kesederhanaan Bung Hatta: Ironi Sepatu Bally tak Terbeli dan Tas Branded Istri Pejabat

Bukan Hanya Allahumma Laka Shumtu, Ini 7 Pilihan Doa Berbuka Puasa

Bacaan Doa Qunut Arab, Latin, dan Terjemahan

× Image