95,9 Persen Penumpang Puas dengan Layanan Kereta Commuter Line

MAGENTA -- Sebanyak 95,9 persen penumpang menyatakan puas terhadap pelayanan kereta Commuter Line. Angka tersebut terungkap dalam survei Customer Satisfaction Index (CSI) tahun 2024.
Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan capaian ini menunjukkan tingkat kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap layanan KRL Commuter Line tetap sangat tinggi seiring dengan peningkatan kualitas pelayanan.
“Hasil survei kepuasan pengguna ini menjadi dorongan kuat bagi KAI Commuter untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanannya. Capaian ini menunjukkan konsistensi kepuasan pengguna terhadap layanan Commuter Line. Fokus kami adalah mempertahankan dan meningkatkan layanan, terutama dari fasilitas serta keandalan operasional perjalanan,” ujar Asdo, dikutip dari laman resmi Commuter Line, Kamis (9/10/2025).
Sebagai langkah nyata, KAI Commuter telah meningkatkan frekuensi perjalanan Commuter Line dari 1.048 menjadi 1.063 perjalanan per hari pada 2025. Penambahan ini dilakukan untuk merespons harapan pengguna agar waktu tunggu lebih singkat dan kapasitas layanan lebih optimal, terutama pada jam sibuk.
“KAI Commuter terus mengusahakan yang terbaik untuk pelanggan, terlebih dengan kepercayaan yang semakin tinggi dari masyarakat. Kami mengapresiasi kepercayaan itu melalui optimalisasi layanan dari berbagai sisi. Kami meyakini upaya maksimal inilah yang menjaga kepuasan pengguna Commuter Line,” kata Asdo.
Manajer Public Relations KAI Commuter, Leza Arlan, menambahkan bahwa berbagai perbaikan akan terus dilakukan berdasarkan masukan dari pengguna.
“Peningkatan fasilitas dan layanan operasional perjalanan Commuter Line agar semakin nyaman dan efisien menjadi perhatian serius KAI Commuter,” ujarnya.
Upaya peningkatan pelayanan dilakukan mulai dari penambahan fasilitas di area stasiun, peningkatan kebersihan stasiun dan rangkaian kereta, hingga pengembangan digitalisasi layanan seperti aplikasi C-Access dan Kartu Multi Trip (KMT). Selain itu, penyediaan layanan ramah disabilitas juga menjadi prioritas.
“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan apresiasi masyarakat dalam menggunakan Commuter Line. Peningkatan layanan bukan hanya soal menjaga angka kepuasan, tetapi tentang bagaimana menjadikan Commuter Line sebagai transportasi umum andalan masyarakat,” kata Leza.
BACA JUGA: Dahulukan yang Mana, Dana Pendidikan Anak atau Dana Pensiun?