Home > News

Indonesia Juara Umum Kejuaraan Taekwondo Asia Piala KSAD 2024, Diikuti 450 Atlet dari 21 Negara

Peringkat dua direbut oleh Hong Kong dengan 7 emas, 4 perak, dan 4 perunggu.
Indonesia meraih 8 medali emas, 10 perak, dan 29 perunggu. Foto: TNI AD 
Indonesia meraih 8 medali emas, 10 perak, dan 29 perunggu. Foto: TNI AD

MAGENTA -- Indonesia meraih juara umum dalam Kejuaraan Taekwondo Asia Piala KSAD yang diselenggarakan sejak 15 hingga 19 Oktober 2024 di Indoor Stadium Sport Center, Tangerang, Banten. Tampil cemerlang, Indonesia mempersembahkan 8 medali emas, 10 perak, dan 29 perunggu.

Kejuaraan yang diikuti oleh 450 atlet dari 21 negara tersebut ditutup oleh Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Letjen TNI Richard Tampubolon. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasinya yang mendalam kepada Tim Pelatnas dan para pelatih yang telah bekerja keras membawa Indonesia menjadi juara umum.

“Keberhasilan ini merupakan buah dari dedikasi dan semangat juang para atlet serta pelatih. Kami sangat bangga bisa mengibarkan bendera dan mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional,” kata Letjen Richard dikutip dari tniad.mil.id.

Selain menjadi jawara, Indonesia juga dinilai sukses menyelenggarakan kejuaraan internasional berstatus G2 untuk pertama kalinya. Pelaksanaan KSAD 6 th Asian Taekwondo Open Championship 2024 mendapat pujian dari Asian Taekwondo Union (ATU). Dan, ATU menyatakan keyakinannya untuk kembali mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan internasional di masa mendatang.

BACA JUGA: 21 Negara akan Bertarung di Kejuaraan Taekwondo Asia Piala KSAD

Peringkat dua pada event ini direbut oleh Hong Kong dengan tujuh emas, empat perak, dan empat perunggu. Korea menyusul di posisi ketiga dengan enam emas, satu perak, dan satu perunggu, sementara Malaysia membawa pulang lima emas, tiga perak, dan lima perunggu.

Pakistan dan Kazakhstan juga mencatatkan prestasi dengan masing-masing tiga emas, sementara Singapura meraih dua emas, dua perak, dan empat perunggu. Beberapa negara lainnya seperti Filipina, India, Nepal, Jepang, Uzbekistan, serta Wallis dan Futuna Islands juga turut berpartisipasi dan berhasil membawa pulang medali.

Keberhasilan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi dunia Taekwondo Indonesia dan menjadi momentum penting untuk memperkuat posisi Indonesia dalam kancah olahraga internasional.

Editor: Emhade Dahlan

× Image