Home > News

Tinjau Lokasi Banjir, Wali Kota Cilegon Segera Panggil Lotte, Osaka dan KIEC

Ada kali di dalam kawasan industri yang diuruk
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian (Tengah). Foto: Diskominfo Kota Cilegon
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian (Tengah). Foto: Diskominfo Kota Cilegon

MAGENTA TODAY - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meninjau lokasi banjir yang telah mengakibatkan korban jiwa di kawasan industri PT Lotte Chemical, Kecamatan Grogol, Cilegon, Ahad (4/2/2024).

Helldy menjelaskan, ada luapan air yang cukup deras dari hulu, yakni di perbukitan Grogol dan Gerem. Sementara alur di bawahnya seperti Kotasari, Rawa Arum dan Gerem, termasuk kawasan industri, tidak cukup untuk menampung air.

"Jadi kita di sini langsung bergerak untuk bagaimana bisa mengalirkan air lebih banyak langsung ke hilir. Dari atas sana curah air banyak akan tetapi di bawah sini terjadi penyempitan sehingga air tersendat dan membuat debit air tinggi hingga tiga meteran. Kita langsung mengerahkan tim untuk membongkar saluran yang menghambat jalurnya air ke hilir agar bisa lancar," ungkap Helldy, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Ahad (4/2/2024).

BACA JUGA: Promo Superindo 1-7 Februari 2024: Buah Naga Merah Diskon 35 Persen, Minyak Goreng Kemasan 2 Liter Rp 29.900

Menindaklanjuti temuan penyebab banjir, Helldy menegaskan akan memanggil sejumlah industri yang berada di hilir aliran air, seperti PT Lotte Chemical, PT Krakatau Osaka Steel, serta PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC).

"Di sini ada tiga industri yang terlibat, nanti akan kita kumpulkan dalam waktu cepat, Insya Allah Rabu (7/2/2024), kita panggil Lotte, Osaka dan KIEC. Saya ingin menanyakan ke industri, kita akan bahas karena ini masalah kita semua," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Cilegon Tb Dendi Rudiatna mengatakan, berdasarkan temuan di lapangan, ada kali di dalam kawasan industri tersebut yang diuruk untuk jalan, kemudian dibuat beberapa gorong.

"Setelah kita lihat, gorong-gorong kecil itu tidak efektif untuk mengalirkan air, makanya perlu kita bongkar karena pada saat banjir aliran air cukup deras sekitar tiga sampai empat meteran kedalamannya. Makanya kita bongkar dan harus dibuat jembatan," ujarnya.

Setelah meninjau lokasi industri, Helldy bersama rombongan langsung ke lokasi banjir berikutnya di Kecamatan Grogol. Helldy pun berdialog dengan warga dan berjanji akan segera membantu serta menangani permasalahan banjir di wilayah tersebut.

BACA JUGA: PT Inka Buka Loker Besar-besaran, Lamaran Ditunggu Sampai 7 Februari 2024

Editor: Emhade Dahlan

× Image