Home > Gaya Hidup

Pelari 'Hore' Haruskah Lakukan Persiapan Seperti Atlet?

Pelari amatir juga perlu memikirkan asupan gizi yang tepat bagi tubuh.
Ahli nutrisi olahraga Emilia E. Achmadi. Foto: Magenta/Ani Nursalikah
Ahli nutrisi olahraga Emilia E. Achmadi. Foto: Magenta/Ani Nursalikah

MAGENTA -- Maraknya olahraga lari saat ini menandakan kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat membaik. Saat hari bebas kendaraan atau car free day, banyak kita lihat para pelari berseliweran.

Belum lagi ajang lomba lari yang laris manis diikuti ribuan hingga puluhan ribu peserta. Mengikuti lomba lari tentunya membutuhkan persiapan matang, mulai dari latihan fisik hingga asupan nutrisi untuk tubuh.

BACA JUGA: Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

.

Lantas, bagaimana dengan pelari 'hore' atau pelari amatir yang sebagian besar adalah pekerja? Apakah pelari kategori ini juga perlu mempersiapkan diri layaknya seorang atlet profesional?

Ahli gizi olahraga Emilia E. Achmadi mengatakan bagi mereka yang berolahraga dengan intensitas latihan lebih dari 45-65 menit per hari perlu memikirkan dengan matang apa yang mereka konsumsi. Menurutnya, meskipun pelari amatir atau rekreasional tetap harus berolahraga dengan baik dan benar.

"Tidak ada yang namanya instant runner. Nggak ada habis dugem jam 3 pagi, terus jam 7 pagi mau lari," katanya saat ditemui Magenta dalam acara Garmin Run Workshop with Amino Vital, Sabtu (12/8/2023).

Dia menambahkan bagi mereka yang berencana mengikuti lari marathon yang tujuannya adalah finis dengan selamat alias tidak mengincar juara podium, membutuhkan persiapan ideal lima hingga enam bulan. Karena itulah, olahraga direkomendasikan dilakukan setiap hari.

BACA JUGA: Apa Golongan Darahmu dan Olahraga Apa yang Cocok? Jawabannya Ada di Sini

Peran penting makanan...

× Image