Home > News

1 Muharram 2023, Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Tanggal Berapa?

Umat Islam dilarang berperang di bulan Muharram.
Sejumlah warga melaksanakan pawai obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram. 1 Muharram 2023, Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Tanggal Berapa? Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah warga melaksanakan pawai obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram. 1 Muharram 2023, Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Tanggal Berapa? Foto: Republika/Putra M. Akbar

MAGENTA -- Tidak lama lagi umat Islam akan menyongsong tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriyah.

Berdasarkan SKB Tiga Menteri Terbaru tentang Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, Tahun Baru Islam 2023 atau 1 Muharram 1445 Hijriyah jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023.

BACA JUGA: 8 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Jika Dikerjakan Mendapat Pahala

.

Sesuai keputusan tersebut, pemerintah menetapkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah sebagai hari libur nasional. Artinya, warga Indonesia bisa menikmati satu hari libur di awal pekan ini.

Dalam kalender Hijriyah terdapat empat bulan haram, yakni Dzulqaidah, Dzulhijah, Muharram, dan Rajab. Disebut haram karena keempat bulan itu sangat dihormati dan umat Islam dilarang berperang di dalamnya. Di bulan Muharram, yang harus diketahui Umat Muslim adalah tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.

Dikutip dari Republika.co.id, pada bulan Muharram juga ada anjuran Nabi untuk berpuasa, yakni pada tanggal sembilan dan 10 Muharram. Puasa di bulan Muharram bahkan disebut sebagai sebaik-baiknya puasa.

BACA JUGA: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim).

Amal yang dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan Muharam adalah dengan berpuasa sunah. Khususnya puasa Tasu'a pada 9 Muharam, puasa Asyura pada 10 Muharam dan puasa 11 Muharam.

BACA JUGA:

10 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Agar Tetap Berenergi Saat Puasa

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

Tata Cara Sholat Fardhu Lengkap, Muslim Wajib Tahu

Rekomendasi Stiker Gifs Estetis untuk Instagram Story Kamu

× Image