Home > Khazanah

Cara Meracik Rempah Bangle Sebagai Obat Sakit Kuning, Rematik, dan Mengurangi Lemak Tubuh

Bangle merupakan tanaman rempah jenis jahe-jahean.
Rempah Bangle. Foto: buku Toga: Tanaman Obat Keluarga
Rempah Bangle. Foto: buku Toga: Tanaman Obat Keluarga

MAGENTA -- Selain sering digunakan sebagai bumbu dapur, tanaman rempah jenis jahe-jahean ini bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan obat. Namanya Bangle.

Bangle memiliki nama ilmiah Zinger montanum. Rempah ini tumbuh subur di daerah Asia tropika. Rempah yang dimanfaatkan bagian rimpangnya ini bisa juga ditemukan di India Selatan hingga kawasan Asia Tenggara.

BACA JUGA: Resep Herbal Prof Hembing: Biji Pepaya dan Biji Pinang Bisa Obati Cacingan

.

Habitat bangle biasanya di tempat-tempat yang cukup mendapat sinar matahari. Bila berada di tempat tanahnya tergenang air atau becek, pertumbuhan bangle akan terganggu dan rimpangnya cepat sekali membusuk.

Sebagai tanaman obat, bangle mengandung zat-zat kimia yang berupa sineol, pinen dan seskuitterpen. Rimpang bangle juga mengandung mineral, albuminoid, lemak, getah yang pahit, dan asam-asam organik.

Dikutip dari buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, Bangle memiliki efek farmakologis sebagai zat penurun panas, zat meluruhkan kentut, zat expectorant (peluruh dahak), pencahar, pembersih darah, serta obat cacing.

BACA JUGA: Sholat Subuh: Bacaan Niat, Tata Cara Beserta Bacaan Doa Qunut

Cara meracik bangle sebagai obat...

× Image