Home > Gaya Hidup

Khasiat Mengkudu untuk Mengobati Batuk, Hipertensi, Demam, dan Menghaluskan Kulit

Mengkudu mengandung terpenoid yang berfungsi untuk memulihkan sel-sel tubuh.
Buah mengkudu. Khasiat Mengkudu untuk Mengobati Batuk, Hipertensi, Demam, dan Menghaluskan Kulit. Foto: Antara
Buah mengkudu. Khasiat Mengkudu untuk Mengobati Batuk, Hipertensi, Demam, dan Menghaluskan Kulit. Foto: Antara

MAGENTA -- Buah yang satu ini aromanya tidak disukai banyak orang. Namun, di balik baunya yang menyengat, buah mengkudu banyak menyimpan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

Tanaman mengkudu dibawa oleh bangsa Polinesia ke Indonesia. Mereka menyebutnya dengan nama Hawali magic plant. Orang-orang juga sering menyebut mengkudu dengan nama noni. Mengkudu dipercaya memiliki keajaiban dalam menyembuhkan penyakit.

BACA JUGA: On This Day: 8 Juni 632 Nabi Muhammad SAW Wafat, Umar Bin Khattab Sempat tak Percaya

.

.

Tinggi pohon yang bernama ilmia Morinda citrifolia ini bisa mencapai 3-8 meter. Bunganya berbentuk corong dengan panjang sekitar 1,5 cm. Daun mengkudu tumbuh saling berhadapan dengan ukuran yang besar, tebal, dan tunggal.

Tepi daunnya rata dan ujungnya lancip. Buahnya, jika masih muda berwarna hijau mengilap, sedangkan jika sudah tua berwarna putih dengan bintik hitam. Permukaan buah bertotol-totol.

Dikutip dari buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, buah mengkudu mengandung beberapa zat penting yang dibutuhkan tubuh, seperti zat nutrisi, yang termasuk di dalamnya adalah protein, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Kemudian, mengandung terpenoid yang berfungsi untuk memulihkan sel-sel tubuh. Mengandung zat antibakteri yang berfungsi melawan bakteri yang menjadi penyebab infeksi.

Mengkudu juga bisa bersifat analgesik (antinyeri), menghambat laju sel kanker, nenormalkan tekanan darah, mengatasi peradangan dan alergi, serta untuk mengobati diabetes dan hepatitis.

BACA JUGA: Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel

Cara meracik mengkudu sebagai obat...

× Image