Home > Gaya Hidup

Daun Kumis Kucing untuk Obat Kencing Batu, Infeksi Saluran Kemih, dan Keputihan

Daun kumis kucing memberi efek farmakologi sebagai obat peluruh air kencing.
Tanaman kumis kucing. Daun Kumis Kucing untuk Obat Kencing Batu, Infeksi Saluran Kemih, dan Keputihan. Foto: Hawaii Tropical Bioreserve & Garden
Tanaman kumis kucing. Daun Kumis Kucing untuk Obat Kencing Batu, Infeksi Saluran Kemih, dan Keputihan. Foto: Hawaii Tropical Bioreserve & Garden

MAGENTA -- Tahukah kamu? Tanaman kumis kucing berasal dari Afrika yang kemudian menyebar ke Asia dan Australia. Dalam bahasa Inggris, tanaman ini sering disebut dengan nama Kidney tea plants atau Java tea.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Orthosiphon aristatus itu mengandung minyak atsiri yang terdiri dari beberapa senyawa fenolik, di antaranya adalah flavonoid, saponin, serta garam kalsium.

BACA JUGA: Khasiat Daun Salam Bisa untuk Obat Diabetes, Asam Urat, dan Radang Lambung

.

.

Selain itu, tanaman kumis kucing juga mengandung glikosida sortosifonin yang berfungsi melarutkan fosfat, oksalat, dan asam urat yang terdapat di dalam ginjal sehingga bisa mencegah serta mengatasi endapan batu pada ginjal.

Menurut buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, daun kumis kucing memberi efek farmakologi sebagai obat peluruh air kencing. Daun kumis kucing juga berfungsi sebagai obat batu encok, masuk angin, sembelit, radang ginjal, diabetes, penyakit sifilis, serta sebagai zat antikanker dan antiradang.

BACA JUGA: 9 Resep Herbal Prof Hembing untuk Mengobati Rematik, Pegal Linu, dan Sakit Pinggang

Cara meracik daun kumis kucing sebagai obat di halaman selanjutnya...

× Image