Home > Gaya Hidup

Cara Melihat Gerhana Matahari Hibrida 2023 dengan Aman tanpa Merusak Mata

Gerhana matahari hibrida bisa disaksikan hari ini, Kamis (20/4/2023).

Cara Melihat Gerhana Matahari Hibrida 2023 dengan Aman tanpa Merusak Mata

Seorang pengunjung saat melihat gerhana matahari cincin menggunakan kacamata ND 25 di PP-IPTEK TMII, Jakarta. Foto: Republika/Putra M. Akbar
Seorang pengunjung saat melihat gerhana matahari cincin menggunakan kacamata ND 25 di PP-IPTEK TMII, Jakarta. Foto: Republika/Putra M. Akbar

BRIN menyabut beberapa cara/peralatan yang dapat digunakan untuk mengamati gerhana matahari dengan aman, antara lain:

1. Kamera pinhole (kamera lubang jarum),

2. Kacamata matahari,

.

.

3. Binokular atau teleskop, dan

4. Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex).

Dilansir di situs NASA, menyaksikan gerhana harus menggunakan kacamata gerhana yang aman. Kacamata gerhana bukan kacamata hitam biasa.

Kacamata hitam biasa, betapapun gelapnya, tidak aman untuk melihat matahari. Pemantau matahari yang aman ribuan kali lebih gelap dan harus mematuhi standar internasional ISO 12312-2.

Selalu periksa kacamata gerhana atau alat pemantau gerhana genggam Anda sebelum digunakan. Jika sobek, tergores, atau rusak, buang perangkat. Selalu awasi anak-anak menggunakan saat menggunakan solar viewer tersebut.

BACA JUGA: Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

Jangan melihat matahari melalui lensa kamera, teleskop, teropong, atau perangkat optik lainnya saat mengenakan kacamata gerhana atau menggunakan penampil surya genggam. Sinar matahari yang terkonsentrasi akan menembus filter dan menyebabkan cedera mata yang serius.

Jika Anda tidak memiliki kacamata gerhana, Anda dapat menggunakan metode pengamatan tidak langsung. Metode ini tidak melibatkan melihat matahari secara langsung. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan proyektor lubang jarum, yang memiliki bukaan kecil (misalnya, kartu yang dilubangi) dan memproyeksikan gambar matahari ke permukaan terdekat.

Dengan matahari berada di belakang Anda, Anda kemudian dapat dengan aman melihat gambar yang diproyeksikan. Jangan melihat matahari melalui lubang jarum!

Jangan gunakan kacamata gerhana atau perangkat genggam dengan kamera, teropong, atau teleskop karena membutuhkan berbagai jenis filter surya. Saat melihat gerhana sebagian atau cincin melalui kamera, teropong, atau teleskop yang dilengkapi dengan filter matahari yang tepat, Anda tidak perlu memakai kacamata gerhana. Filter matahari melakukan pekerjaan yang sama seperti kacamata gerhana untuk melindungi mata Anda.

BACA JUGA: Sibuknya Warga Betawi Saat Lebaran: Dari Ngaduk Dodol Hingga Beberes Rumah

Jadwal waktu puncak gerhana matahari bisa dilihat di halaman selanjutnya...

× Image