Home > Gaya Hidup

KSAD Jenderal Maruli Ajak Anggota Pramuka Bersatu dengan Alam

Sebanyak 7.320 bibit tanaman akan ditanam oleh Pramuka di lahan seluas 5 hektar.
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyerahkan bibit pohon kepada anggota Pramuka peserta Persami untuk ditanam di lahan seluas 5 hektar. Foto: TNI AD
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyerahkan bibit pohon kepada anggota Pramuka peserta Persami untuk ditanam di lahan seluas 5 hektar. Foto: TNI AD

MAGENTA TODAY -- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengajak kepada puluhan ribu anggota Pramuka untuk bersatu dengan alam.

Ajakan tersebut disampaikan Jenderal Maruli saat upacara pembukaan Persami Saka Wira Kartika (Perkemahan Sabtu-Minggu) di Bumi Perkemahan Cipayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Sabtu (3/2/2024).

“Pramuka adalah organisasi penting bagi pembekalan pemuda kita, tidak hanya dalam hal keterampilan, tetapi juga jiwa kesatria dan wawasan kebangsaan,” kata Jenderal Maruli yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing (Ka Mabi) Saka Wira Kartika Tingkat Nasional.

BACA JUGA: Promo Superindo 1-7 Februari 2024: Buah Naga Merah Diskon 35 Persen, Minyak Goreng Kemasan 2 Liter Rp 29.900

KSAD mengatakan akan terus mengevaluasi kegiatan Pramuka, khususnya Persami, guna meningkatkan efektivitas pembekalan yang diberikan kepada pesertanya.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara kontinyu, agar para anggota Pramuka bisa turut serta dalam program penanaman di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang mengangkat tema 'Bersatu Dengan Alam, Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah' ini diikuti oleh 38 ribu peserta. Kegiatan ini diselenggarakan secara nasional di 38 provinsi di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: PT Inka Buka Loker Besar-besaran, Lamaran Ditunggu Sampai 7 Februari 2024

Pengangkatan bendera go green oleh KSAD menjadi tanda simbolis dibukanya kegiatan ini secara resmi. Selain bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta, kegiatan ini juga menjadi cerminan kepedulian terhadap alam, dengan disiapkannya 7.320 bibit tanaman untuk ditanam di lahan seluas 5 hektar.

Jenderal Maruli juga menegaskan bahwa Angkatan Darat akan terus mendukung program penanaman pohon dengan melibatkan Pramuka di seluruh Indonesia.

Selain kegiatan penanaman pohon dan pembersihan lingkungan, kegiatan Saka Wira Kartika juga diisi dengan kegiatan perbaikan fasilitas umum dan sosial (Fasum-Fasos), serta kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan pembagian sembako.

BACA JUGA: On This Day: 3 Februari 1969 Yasser Arafat Dilantik Jadi Ketua PLO, All Out untuk Palestina

× Image