Home > News

Kemenag Targetkan 30 Ribu Sertifikat Tanah Wakaf Tahun Ini

Pada 2023 Kemenag telah menyertifikasi 31.800 lokasi tanah wakaf.
Ilustrasi proses sertifikasi tanah wakaf. Foto: Antara/Irfan Anshori
Ilustrasi proses sertifikasi tanah wakaf. Foto: Antara/Irfan Anshori

MAGENTA TODAY -- Sebanyak 30 ribu tanah wakaf ditargetkan akan mendapat sertifikat pada 2024. Tahun lalu, Kementerian Agama (Kemenag) telah menyertifikasi sekitar 31.800 lokasi tanah wakaf. Salah satu faktor pendukungnya adalah partisipasi publik berbasis organisasi.

Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Waryono Abdul Ghafur mengatakan, akan menjaring data tanah wakaf yang akan disertifikasi melalui proses digital. Setelah itu, akan dilakukan koordinasi dengan Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi dan penyiapan dokumen.

“Bukti otentik itu penting. Pencatatan sertifikat itu kuat jika terjadi permasalahan dalam proses di BPN,” ujar Waryono dalam rapat daring Koordinasi Sertifikasi Wakaf Tahun 2024, Kamis (1/2/2024).

BACA JUGA: Promo Superindo 1-7 Februari 2024: Buah Naga Merah Diskon 35 Persen, Minyak Goreng Kemasan 2 Liter Rp 29.900

Waryono menegaskan, Kantor Kemenag Kabupaten/Kota perlu menyiapkan daftar dan dokumen tanah wakaf yang akan diajukan kepada BPN terkait pelaksanaan sertifikasi. Selanjutnya, Kanwil Kemenag dapat berkoordinasi dengan Kanwil BPN.

“Mohon identifikasi lagi oleh Kanwil dan daerah terkait aset wakaf kita. Berupa apa, digunakan untuk apa, siapa nazirnya, dan mauquf 'alaihnya untuk apa,” terang Waryono.

Selanjutnya...

× Image