Home > Gaya Hidup

Khasiat Kecubung Bisa untuk Mengobati Sakit Gigi dan Cacingan pada Anak

Bagian kecubung yang dimanfaatkan sebagai obat biasanya adalah bagian daun, bunga, dan biji.
Ilustrasi sakit gigi. Khasiat Kecubung Bisa untuk Mengobati Sakit Gigi dan Cacingan pada Anak. Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi sakit gigi. Khasiat Kecubung Bisa untuk Mengobati Sakit Gigi dan Cacingan pada Anak. Foto: Republika/Mardiah

MAGENTA -- Kecubung, selain berfungsi sebagai tanaman hias bisa juga dimanfaatkan sebagai obat. Kecubung berasal dari Asia Tenggara dan Benua Amerika. Pemanfaatan kecubung sebagai obat sudah dilakukan sejak abad kesepuluh.

Kecubung yang memiliki nama ilmiah Datura metel memiliki batang kayu yang tebal. Cabangnya meluas ke samping kanan dan kiri sehingga tampak melebar. Tinggi tanaman kecubung kurang dari 2 meter.

BACA JUGA: Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

.

Buah kecubung berbentuk hampir bulat. Bagian luarnya dihiasi duri dan bagian dalam terdiri atas biji-biji kecil berwarna kuning kecokelatan. Bagian kecubung yang dimanfaatkan sebagai obat biasanya adalah bagian daun, bunga, dan biji.

Dikutip dari buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, kecubung mengandung beberapa senyawa kimia, di antaranya adalah co-oksalat, hiosin, atropin (hyosiamin), zat lemak, dan skopolamin.

Bagian biji kecubung mengandung senyawa kimia alkaloida yang memiliki efek halusinogen. Pemakaian kecubung harus hati-hati dan sebaiknya digunakan sebatas obat luar saja karena bisa menyebabkan keracunan bila penggunaan salah.

Cara Meracik Biji Kecubung Sebagai Obat

1. Mengatasi sakit gigi

Siapkan beberapa biji kecubung yang sudah dikeringkan, Taruh biji kecubung kering di atas wajan panas yang sudah diberi minyak kelapa. Tutup wajan dengan tempurung kelapa yang sudah dilubangi di bagian tengahnya.

Tempelkan corong bambu pada bagian tempurung yang berlubang. Dari lubang itulah akan keluar asap yang mengepul-ngepul. Arahkan asap pada bagian mulut selama sekitar 10-20 menit.

2. Mengatasi cacingan pada anak

Ambil beberapa biji kecubung. Sangrai kecubung di atas wajan tanpa minyak. Dosis penggunaannya cukup satu biji dalam sehari. Konsumsi pada sore hari atau malam hari sebelum tidur.

Catatan! penggunaan kecubung tidak boleh sembarangan karena bisa menyebabkan keracunan. Bila terjadi keracunan segera minum campuran jahe dan air kelapa hijau untuk menetralisir racun.

BACA JUGA:

Kocak, Pak AR Fachruddin Lulus Bikin SIM Meski Motor Dituntun Saat Praktik

Sering Jadi Lalapan, Daun Pegagan Bisa untuk Obat Bisul, Amandel, Asma, dan Tifus

Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel

Apa Hukumnya tidak Sholat Jumat karena Hujan Lebat?

On This Day: 8 Juni 632 Nabi Muhammad SAW Wafat, Umar Bin Khattab Sempat tak Percaya

× Image