Home > Gaya Hidup

Manfaat Akar Aren untuk Mengobati Penyakit Kencing Batu

Khasiat pohon aren ada pada buah dan akarnya.
Menyadap air nira aren untuk dijadikan gula aren. Manfaat Akar Aren untuk Mengobati Penyakit Kencing Batu. Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Menyadap air nira aren untuk dijadikan gula aren. Manfaat Akar Aren untuk Mengobati Penyakit Kencing Batu. Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

MAGENTA -- Pohon aren berasal dari Asia tropis yang menyebar ke India Timur, Malaysia, Indonesia, serta Filipina. Bentuk pohon aren hampir menyerupai pohon kelapa.

Pohon aren memiliki nama ilmiah Arenga pinnata. Dalam bahasa Inggris, pohon aren disebut sugar palm atau gomuti palm. Bangsa Belanda mengenal aren dengan nama arenpalm atau zuikerpalm.

BACA JUGA: Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

.

Bangsa Jerman menyebutnya zuckerpalme. Biasanya, para petani menyadap air nira, aren yang kemudian dijadikan gula aren.

Buah aren merupakan buah buni yang berbentuk bulat dengan diameter sekitar 4 cm. Buah aren tersusun dalam untaian yang seperti rantai. Setiap tandannya bisa mencapai 10 tangkai buah atau lebih.

BACA JUGA: Doa Sholat Tahajud 2 Rakaat Lengkap dengan Niat dan Istighfar

Banyaknya buah pada setiap tangkai sekitar 50 butir buah yang warnanya hijau atau cokelat kekuningan. Karena getahnya yang sangat gatal, buah pohon aren tidak bisa dimakan secara langsung.

Dikutip dari buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, kandungan kimia pada akar aren di antaranya adalah senyawa kalium, akar silikat, sterol/terpena, flavonoid, saponin, dan tanin. Khasiat pohon aren ada pada buah dan akarnya.

Akar aren bisa bermanfaat untuk membantu meluruhkan batu oksalat pada ginjal dan seluruh kemih, serta memiliki efek kimia sebagai obat diuretik (melancarkan buang air kecil).

BACA JUGA: Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

Cara Meracik Akar Aren Sebagai Obat Kencing Batu

Ambil segenggam akar aren, segenggam akar alang-alang, adas, pulasari, dan gula batu secukupnya. Rebus semua bahan bersama dengan dua gelas air. Sisakan airnya menjadi satu gelas dan minum air rebusan tersebut setiap pagi sampai batu di dalam kantong kencing hancur.

Resep lainnya: siapkan dua gram akar aren, tiga gram daun keji beling, tiga gram akar alang-alang, serta tiga gram daun meniran. Rebus bersama 100 ml air. Minum air rebusan selama 14 hari atau sampai batu ginjal keluar. (MHD)

BACA JUGA:

Idul Adha Sebentar Lagi, Apa Hukum Qurban dengan Biaya Utang?

Sering Jadi Lalapan, Daun Pegagan Bisa untuk Obat Bisul, Amandel, Asma, dan Tifus

Kocak, Pak AR Lulus Bikin SIM Meski Motor Dituntun Saat Praktik

Apa Hukum Menunaikan Ibadah Haji Non-Kuota atau di Luar Prosedur Resmi?

Bolehkah tidak Sholat Jumat karena Hujan Lebat?

Pernah Dengar Daun Binahong? Ternyata Bisa Mengobati Jerawat, Eksim, dan Diabetes

× Image