Home > Gaya Hidup

Kencur tak Hanya Bumbu Seblak, Bisa Juga untuk Mengobati Keseleo, Batuk, dan Masuk Angin

Manfaatkan kencur sebagai obat alami yang mudah ditemukan dan diracik.
Rempah kencur bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan obat alami. Kencur tak Hanya Bumbu Seblak, Bisa Juga untuk Mengobati Keseleo, Batuk, dan Masuk Angin. Foto: Wikimedia Commons
Rempah kencur bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan obat alami. Kencur tak Hanya Bumbu Seblak, Bisa Juga untuk Mengobati Keseleo, Batuk, dan Masuk Angin. Foto: Wikimedia Commons

MAGENTA -- Kencur merupakan rempah khas dalam bumbu racikan kuliner seblak. Selain sebagai bumbu dapur, tanaman rimpang ini juga berkhasiat sebagai obat. Tanaman rimpang yang memiliki nama ilmiah Kaempferia galanga ini bisa tumbuh subur di dataran rendah atau pegunungan.

Menurut buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, kencur mengandung alkaloid dan minyak atsiri, yang terdiri atas sineol, asam sinamat, etil ester, kamphene, paraeumarin, dan asam anisat. Selebihnya mengandung pati dan mineral.

BACA JUGA: Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

.

.

Kencur yang tumbuh bergerombol dan bercabang-cabang itu juga berkhasiat sebagai tanaman obat yang dapat mengobati radang lambung, radang telinga, influenza, batuk, masuk angin, sakit kepala, serta mengatasi lelah dan keseleo.

Cara Meracik Kencur Sebagai Obat

1. Sebagai obat batuk

Ambil beberapa rimpang kencur, kupas kulitnya dan cuci bersih. Parut dan saring airnya. Tambahkan sedikit madu serta perasan air jeruk nipis. Minum tiga kali sehari sampai batuk sembuh.

2. Mengatasi keseleo

Siapkan satu rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. Tumbuk kedua bahan dan tambahkan sedikit air. Tambahkan juga minyak kayu putih secukupnya.

Oleskan pada bagian yang keseleo atau bisa juga dengan cara ditempelkan kemudian dibalut dengan kain kasa.

BACA JUGA: Doa untuk Kedua Orang Tua, Arab, Latin dan Terjemahan

3. Mengatasi masuk angin

Ambil satu rimpang kencur, cuci bersih. Makan dan kunyah kencur dengan menambahkan sedikit garam. Lanjutkan dengan meminum segelas air hangat. Lakukan dua kali sehari setiap pagi dan sore.

4. Mengobati perut mulas

Siapkan satu rimpang kencur, cuci bersih. Parut kencur yang sudah dibersihkan. Tambahkan dua sendok makan air hangat beserta garam secukupnya. Aduk dan saring airnya. Minum sekaligus. Lakukan sebanyak dua kali setiap pagi dan sore.

BACA JUGA:

Cara Meracik Kangkung Sebagai Obat Migrain, Bisul, Sariawan, dan Haid Berlebih

Cara Meracik Seledri untuk Obat Hipertensi, Anemia, dan Mencegah Kerutan Kulit Wajah

Gaji ke-13 PNS Cair 5 Juni 2023: Apa Itu Gaji ke-13 dan Berapa Besarannya?

Khasiat Lengkuas Sebagai Obat Rematik, Gatal, dan Panu serta Cara Meraciknya

Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

× Image