Home > Gaya Hidup

Resep Herbal Prof Hembing: Mengatasi Gangguan Prostat dengan Semangka dan Tomat

Prostat adalah kelenjar pada sistem reproduksi pria yang membungkus saluran kemih (uretra).
Ilustrasi buah tomat. Resep Herbal Prof Hembing: Mengatasi Gangguan Prostat dengan Semangka dan Tomat. Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi buah tomat. Resep Herbal Prof Hembing: Mengatasi Gangguan Prostat dengan Semangka dan Tomat. Foto: Republika/Wihdan Hidayat

MAGENTA -- Prostat adalah kelenjar pada sistem reproduksi pria yang membungkus saluran kemih (uretra). Bila kelenjar prostat mengalami gangguanakan menyebabkan penderitanya kesulitan buang air kecil hingga disfungsi ereksi.

Kelenjar prostat memiliki ukuran sebesar kacang kenari dan berperan dalam memproduksi cairan pelindung sperma. Ukuran prostat akan membesar secara normal mengikuti pertambahan usia.

BACA JUGA: Resep Herbal Prof Hembing: Mengobati Telinga Berdenging dengan Jamur Kuping

.

.

Namun, bila ukurannya terlalu besar, maka berisiko menimbulkan penyakit prostat. Itu sebabnya, penyakit prostat kerap dialami oleh pria berusia di atas 50 tahun.

Dikutip dari siloamhospitals.com, penyakit prostat yang dialami pria ada tiga jenis, yakni prostatitis, benign prostatic hyperplasia (BPH), dan kanker prostat.

Prostatitis adalah peradangan yang menyebabkan kelenjar prostat membengkak. Prostatitis bisa dikenali melalui gejalanya seperti nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil saat malam hari, urine berdarah, aliran urine melemah, hingga disfungsi seksual.

Benign Prostatic Hyperplasia atau BPH adalah jenis gangguan prostat yang terjadi ketika kelenjar prostat membengkak atau membesar dan dapat menyebabkan saluran kemih menyempit. BPH dipicu oleh perubahan kadar hormon seksual karena pertambahan usia.

BACA JUGA: 9 Resep Herbal Prof Hembing untuk Mengobati Rematik, Pegal Linu, dan Sakit Pinggang

Kanker prostat merupakan kondisi medis berupa tumbuhnya sel abnormal pada kelenjar prostat. Faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat di antaranya gaya hidup tidak sehat, keluarga memiliki riwayat kanker prostat, faktor usia, obesitas, dan pernah melakukan prosedur operasi vasektomi.

Untuk mengatasi gangguan prostat, Anda bisa mencoba resep herbal ramuan Prof H. M. Hembing Wijayakusuma yang ditulis dalam bukunya Prof Hembing Pemenang The Star of Asia: Pertama di Asia Ketiga di Dunia yang ditulis oleh Siti Nafsiah terbitan Prestasi. Berikut ramuannya.

Ilustrasi pria sakit prostat. Foto: www.freepik.com
Ilustrasi pria sakit prostat. Foto: www.freepik.com

Resep Herbal Prof Hembing Mengatasi Prostat

1. Daging semangka bagian putihnya dijus, ditambahkan 10 gram bubuk sambiloto dan madu secukupnya, lalu diminum.

2. Tomat secukupnya direbus dengan air secukupnya, lalu airnya diminum dan tomatnya dimakan.

3. Siapkan 30 gram bunga pukul empat, 30 gram sambiloto segar, 100 gram leunca, 30 gram krokot segar, 15 gram biji labu kuning/labu parang. Semua bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum hangat-hangat.

Prof H. M. Hembing Wijayakusuma adalah pakar akupunktur dan pengobatan tradisional dengan ramuan tumbuhan. Ia sangat dikenal karena memiliki acara TV sendiri pada 1994 hingga awal 2000.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (MHD)

BACA JUGA:

Terapi Makanan Prof Hembing: Mie Toge Bisa Menghaluskan Kulit, Begini Cara Membuatnya

Resep Herbal Prof Hembing: Mengobati Jerawat dengan Temulawak dan Kunyit

Ragu tapi Penasaran? Simak Nih, Panduan Lengkap Retinol untuk Pemula

Tata Cara Sholat Fardhu Lengkap, Muslim Wajib Tahu

× Image