Home > Tips

Pakai Cara Ini Agar Ketupat tidak Cepat Basi, Tahan Hingga 3 Hari!

Ketupat adalah primadona di kala Idul Fitri.
Warga meniriskan ketupat yang sudah matang di usaha rumahan pembuat ketupat, Sleman, Yogyakarta, Kamis (20/4/2023). Pakai Cara Ini Agar Ketupat tidak Cepat Basi, Tahan Hingga 3 Hari! Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga meniriskan ketupat yang sudah matang di usaha rumahan pembuat ketupat, Sleman, Yogyakarta, Kamis (20/4/2023). Pakai Cara Ini Agar Ketupat tidak Cepat Basi, Tahan Hingga 3 Hari! Foto: Republika/Wihdan Hidayat

MAGENTA -- Ketupat adalah primadona di kala Idul Fitri. Menyandingkannya dengan rendang, sayur ketupat, opor ayam, dan kerupuk menjadi kenikmatan yang ditunggu-tunggu setelah menunaikan Sholat Idul Fitri.

Sayangnya, kenikmatan itu bisa terenggut jika ketika sehari kemudian ketupat yang kita buat sudah basi, padahal opor dan sayur ketupat masih banyak. Nah, bagaimana ya cara agar ketupat tidak cepat basi?

Seorang ibu rumah tangga di Tangerang Selatan Sri Warsuti (56 tahun) membagikan tipsnya agar ketupat tahan lama. Pertama, cuci beras sampai bersih.

.

.

Lalu, isi kulit ketupat dengan beras yang sudah bersih hingga dua pertiga atau lebih dari setengah kulit ketupat terisi. Masukkan ketupat saat air sudah benar-benar mendidih.

BACA JUGA: Saking Melaratnya, Sukarno Kecil tak Mampu Beli Petasan di Hari Lebaran

"Pastikan seluruh bagian ketupat terendam air. Lalu, tutup dan masak. Sesekali, periksa air. Jika sudah berkurang, tambahkan air mendidih agar ketupat selalu terendam," kata Sri yang tiap tahun selalu memasak sendiri ketupat Lebaran, Jumat (21/4/2023).

Ia mengingatkan, ketika menambahkan air selalu gunakan air mendidih. Sri kemudian memasak ketupat selama sekitar lima jam.

Setelah matang, segera angkat ketupat lalu gantung di tempat yang bersirkulasi baik hingga dingin. Cara ini krusial dan menentukan agar ketupat tidak gampang basi. Ini karena air tetesan ketupat cepat tiris.

"Dengan cara ini, ketupat yang saya buat bisa tahan tidak basi hingga tiga hari. Ini karena ketupat sudah kesat," ujarnya.

Sri juga menyarankan tetap menyimpan ketupat dengan cara digantung.

BACA JUGA:

Muslim Indonesia Rayakan Empat Kali Perbedaan Idul Fitri dalam 20 Tahun Terakhir

Sibuknya Warga Betawi Saat Lebaran: Dari Ngaduk Dodol Hingga Beberes Rumah

On This Day: 21 April 1879 Kartini Lahir, Vegetarian Pejuang Emansipasi Wanita

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

20 Ucapan Selamat Idul Fitri dalam Bahasa Inggris untuk Orang Tersayang

× Image