Home > News

Peneliti UGM Kembangkan Alat Deteksi Cepat Kandungan Babi pada Makanan, Mirip Test Pack Kehamilan

Porcine Detection Kit dapat memberikan hasil hanya dalam hitungan menit.
UGM berinovasi kembangkan alat deteksi kandungan babi yang diberi nama Porcine Detection Kit. Foto: UGM
UGM berinovasi kembangkan alat deteksi kandungan babi yang diberi nama Porcine Detection Kit. Foto: UGM

MAGENTA -- Peneliti dari Laboratorium Ilmu dan Teknologi Daging, Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (Fapet UGM) Christina Yuni Admantin tengah mengembangkan alat deteksi cepat kandungan babi pada produk makanan olahan berbasis daging seperti bakso. Alat tersebut diberi nama Porcine Detection Kit.

Christina menerangkan, penggunaan alat pendeteksi tersebut cukup mudah dan praktis sehingga dapat digunakan oleh masyarakat luas. Berbeda dengan metode deteksi menggunakan teknik biologi molekuler seperti PCR yang cukup rumit serta membutuhkan keahlian khusus.

Porcine Detection Kit dapat memberikan hasil hanya dalam hitungan menit. Alat ini dapat mendeteksi keberadaan kandungan babi dalam waktu singkat. “Hanya sekitar 5-10 menit sudah bisa diketahui,” kata Christina dikutip dari ugm.ac.id (16/10/2024).

Christina menambahkan, pengujian dengan Porcine Detection Kit ini didasarkan pada prinsip imunokromatografi. Mirip dengan test pack kehamilan, kit ini menunjukkan dua garis merah apabila suatu produk makanan terindikasi mengandung babi.

Menurutnya, antigen dalam sampel diikat oleh antibodi yang sangat spesifik pada strip uji, membentuk kompleks antigen-antibodi. Strip uji juga mengandung pewarna untuk menandai mikropartikel antigen yang terikat oleh sampel antibodi.

× Image