Home > News

Gunakan KRI Kakap-811, TNI AL Distribusikan Kotak Suara ke Pulau Terdepan Indonesia

Pulau Marore, Pulau Kaiwo, Pulau Matutuang, Pulau Kawaliso, dan Pulau Lipang
Foto: Pendistribusian kotak suara Pemilu 2024 ke pulau terdepan Indonesia. Foto: TNI AL
Foto: Pendistribusian kotak suara Pemilu 2024 ke pulau terdepan Indonesia. Foto: TNI AL

MAGENTA TODAY -- TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan Alutsistanya guna mendistribusikan kebutuhan logistik dan petugas Pemilu ke sejumlah titik pulau terdepan yang sulit diakses melalui jalur udara maupun darat, Kamis (8/1/2024).

Pendistribusian puluhan kotak suara berikut personel kepolisian dan Bawaslu dilaksanakan oleh KRI Kakap-811, meluputi wilayah Pulau Marore, Pulau Kaiwo, Pulau Matutuang, Pulau Kawaliso, dan Pulau Lipang yang semuanya berada di wilayah Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa TNI AL siap mengerahkan unsurnya untuk dilibatkan dalam pengiriman logistik Pemilu ke pulau-pulau terdepan dan terpencil.

BACA JUGA: Catat Bos! Pekerja Masuk Saat Pencoblosan Pemilu 2024 Berhak Uang Lembur, Ini Surat Edarannya

“Jadi untuk logistik Pemilu pasti kita siap libatkan KRI untuk mengirim logistik Pemilu ke pulau-pulau terluar dan daerah terpencil yang sulit dilakukan pesawat udara atau lewat darat," ungkap KSAL Laksamana Muhammad Ali dikutip dari laman resmi TNI AL, Jumat (9/2/2024).

KSAL mengatakan, tidak hanya Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang akan dilibatkan, namun juga Kapal Angkatan Laut (KAL) dan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) milik TNI AL juga siap untuk membantu.

“TNI AL juga melibatkan para prajuritnya untuk ikut serta mengamankan proses pelaksanaan Pemilu diseluruh wilayah Indonesia,” tegasnya.

TNI AL juga terus berkoordinasi ketat dengan Pemda setempat, KPU, dan KPUD terkait pendistibusian logistik tersebut.

BACA JUGA: Empat Kapal Perang Asing Kibarkan Merah Putih di Laut Mediterania

× Image