Home > Tips

Tips Mempersiapkan Perjalanan Jauh

Bawalah obat dalam tas kecil agar mudah diraih jika cepat dibutuhkan
Ilustrasi perjalanan jauh. Foto: republika.co.id
Ilustrasi perjalanan jauh. Foto: republika.co.id

MAGENTA TODAY -- Libur panjang merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh tiap orang. Sebab, dengan libur panjang kamu bisa bersantai, berkumpul dengan keluarga, pergi piknik, atau melakukan hal menyenangkan lainnya.

Jika kamu dan keluarga memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh di dalam negeri atau keluar negeri saat libur panjang, kamu harus mempersiapkan semua keperluan tersebut agar liburan berjalan nyaman dan menyenangkan.

Berikut 11 tips mempersiapkan perjalanan jauh dinukil dari buku 1001 Tip Sehat oleh Lucia Priandarini terbitan TransMedia Pustaka.

BACA JUGA: Catat Bos! Pekerja Masuk Saat Pencoblosan Pemilu 2024 Berhak Uang Lembur, Ini Surat Edarannya

1. Asuransi kesehatan

Jika kamu bepergian ke luar negeri, tanyakan kepada perusahaan asuransi kesehatan apakah asuransi tersebut juga berlaku di tempat yang dituju dan bagaimana cara mengklaimnya.

2. Buat jadwal terperinci

Persiapkan perjalanan jauh-jauh hari sampai detil hal apa saja yang akan dilakukan setiap hari. Jadwalkan juga keberangkatan ke bandara, stasiun, atau terminal agar tida terlambat.

3. Siapkan obat selama perjalanan

Jika kamu menderita suatu penyakit yang secara rutin membutuhkan obat yang tidak dijual umum, mintalah dokter untuk memberikan resep obat yang cukup untuk dibawa selama perjalanan. Jika sedang menjalani proses pengobatan, tanyakan kepada dokter apakah perlu mengubah dosis obat yang diminum.

4. Bawa obat dalam tas kecil

Bawalah obat dalam tas kecil agar mudah diraih jika cepat dibutuhkan. Jangan memasukkan kotak obat ke dasar koper atau tas baju yang penuh.

5. Hindari botol kaca

Jika membawa obat cair, mintalah apotek untuk meletakkannya dalam kontainer plastik, bukan dalam botol gelas. Ini untuk menghindari pecahnya botol.

6. Tidur cukup

Tidurlah yang cukup sebelum dan selama perjalanan. Kelelahan dalam perjalanan dapat membuat kondisi badan yang tadinya sehat menjadi mudah terserang penyakit.

7. Mengonsumsi makanan ringan

Makan hanya makanan ringan sebelum dan selama dalam perjalanan.

8. Pilih perjalanan malam hari

Jika kamu cenderung sering mabuk perjalanan, usahakan bepergian di malam hari agar bisa tidur dalam perjalanan.

9. Kartu penderita diabetes

Jika kamu mempunyai diabetes, bawalah tanda dan kartu penderita diabebetes. Catatlah nama dan nomer telepon dokter kamu jika suatu saat diperlukan dalam kondisi darurat.

Ingatlah untuk membawa daftar nama-nama dan dosis semua obat-obat yang kamu minum. Penderita diabates yang bergantung pada insulin sebaiknya memeriksakan dirinya ke dokter untuk menyesuaikan jadwal dosisnya terhadap waktu lokal bila bepergin ke daerah dengan waktu yang berbeda.

10. Tanpa alkohol dan kafein

Konsumsilah selalu minuman non-alkohol dan yang tanpa kafein untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama perjalanan.

11. Letupan telinga

Jika berpergian dalam waktu lama, telinga kamu mungkin terasa mendengung, kemudian meletup. Maka sering-seringlah menelan, menguap, atau menghembuskan napas pelan-pelan melalui hidung sambil memicingkan lubang hidung.

Ini berfungsi untuk menyamakan tekanan dalam telinga kamu. Namun jangan melakukan hal ini jika sedang menderita pilek karena akan menyebabkan infeksi telingan.

Semoga tips ini bermanfaat.

Editor: Emhade Dahlan


BACA JUGA:
On This Day: 4 Februari 1789, George Washington Terpilih Presiden AS Pertama dan Mitos Seputar Dirinya

× Image