Home > News

Kota Cilegon Masuk Verifikasi Tahap Akhir Penilaian Kota Sehat 2023

Puskesmas Cilegon saat ini dipilih untuk menjadi salah satu fokus penilaian Tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat.

Verifikasi KKS Jadi Motivasi untuk Hidup Sehat

Tim Verifikasi KKS Pusat melakukan proses verifikasi kunjungan lapangan KKS 2023 di Puskesmas Cilegon, Sabtu (2/9/2023). Foto: Diskominfo Kota Cilegon
Tim Verifikasi KKS Pusat melakukan proses verifikasi kunjungan lapangan KKS 2023 di Puskesmas Cilegon, Sabtu (2/9/2023). Foto: Diskominfo Kota Cilegon

"Setiap tatanan memiliki indikator yang harus dinilai. Misalnya dalam penilaian Puskesmas ini, tim memperhatikan indikator terkait pelayanan kepada masyarakat, kelengkapan sarana dan prasarana, ketersediaan obat, peralatan kesehatan, dan jumlah dokter yang tersedia. Semua itu dilakukan dengan cermat oleh tim verifikator untuk memastikan bahwa standar yang ditetapkan terpenuhi," tambahnya.

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Puskesmas Cilegon Sefi Saiful Holiq berharap, verifikasi KKS tersebut dapat menjadi motivasi bagi semua pihak untuk menjaga dan meningkatkan lingkungan yang sehat serta dapat mendorong perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

"Alhamdulillah Puskesmas Cilegon saat ini dipilih untuk menjadi salah satu fokus penilaian Tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat. Selain Puskesmas Cilegon ada juga beberapa lokasi lain yang menjadi fokus verifikasi yaitu SMP Negeri 2 Cilegon, Pasar Blok F, Asman Toga Sirih di BBS 3, Pospindu Gatot Kaca 1, dan TPSA Bagendung," ungkapnya.

Menurut Sefi, proses verifikasi memiliki peranan penting guna memperbaiki aspek-aspek yang masih perlu ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik di masa yang akan datang. Ia juga menegaskan bahwa dalam upaya mencapai predikat Kota Sehat bukan hanya tanggung jawab Instansi kesehatan saja, melainkan harus ada komitmen dan dukungan dari semua pihak.

"Saya berharap Kota Cilegon dapat memenuhi seluruh standar verifikasi yang dibutuhkan oleh Tim Verifikasi KKS pusat sehingga pada tahun ini (2023-red) Kota Cilegon bisa meraih penghargaan sebagai Kota Sehat 2023," harapnya.

Diketahui, Penghargaan Kota Sehat merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten/Kota yang memenuhi kriteria kesehatan yang mencakup sembilan sektor utama, meliputi tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, tatanan permukiman dan fasilitas umum, tatanan pendidikan, tatanan pasar, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, tatapan pencegahan dan tatanan penanganan bencana.

BACA JUGA:

Kisah Nabi Adam Minta Buah-buahan dari Surga Menjelang Kematiannya

Kisah Nabi Luth Tawarkan Tiga Putrinya Agar Tamunya tak Dimangsa Kaum Sodom

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

Kisah Sunan Giri Menikah Dua Kali dalam Sehari dan Karomah Lainnya

On This Day: 8 Juni 632 Nabi Muhammad SAW Wafat, Umar Bin Khattab Sempat tak Percaya

× Image