Home > News

Sepanjang 2023, UGM Cetak 50 Guru Besar Baru

Jumlahnya saat ini akan terus bertambah. Sejauh ini yang masih berproses lebih lanjut.
Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto: Dok UGM
Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto: Dok UGM

MAGENTA -- Sepanjang 2023, Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mencetak 50 guru besar baru dari berbagai bidang. Puluhan guru besar baru tersebut berasal dari 14 Fakultas di UGM.

Direktur SDM UGM Prof Suadi menerangkan sebaran guru besar tersebut berasal dari FEB sebanyak 1, Farmasi 3, Fakultas Geografi 3, FIB 1, FISIPOl 1, FKG 2, FKH 3, FKKMK 4, Fakultas Kehutanan 4, FMIPA 3, Fakultas Pertanian 5, Fakultas Peternakan 2, FT 17, dan FTP 1.

BACA JUGA: Tinggi Antioksidan, Ini Segudang Khasiat Buah Manggis dan Kulitnya

.

"Data per Agustus 2023 ini ada penambahan 50 orang guru besar. Dengan begitu sampai saat ini terdapat 415 guru besar aktif di UGM,” kata Suadi dikutip dari ugm.ac.id, Jumat (18/8/2023).

Jumlah guru besar di UGM, sambung Suadi, mengalami pertambahan yang cukup signifikan sejak akhir tahun 2022 lalu. Sebelumnya di tahun 2021 ada 19 guru besar baru dan di 2022 ada 41 guru besar baru.

"Jumlahnya saat ini akan terus bertambah. Sejauh ini yang masih berproses lebih lanjut, lebih dari 40 orang yang diharapkan bisa segera meraih guru besar di 2023,” katanya.

Menurut Suadi capaian tersebut tak lepas dari berbagai upaya yang telah dilakukan UGM untuk mempercepat proses kenaikan pangkat/jabatan dosen.

Selain itu, UGM juga melakukan perbaikan proses administrasi pengurusan Penilaian Angka Kredit (PAK) dan kerja kolektif antar dosen, departemen, fakultas, dan universitas. Penyelenggaraan workshop untuk pengerjaan berkas juga dilakukan guna mendukung proses tersebut.

Selanjutanya, UGM akan mengembangkan bagan alur proses penilaian angka kredit mulai dari pengajuan oleh dosen hingga persetujuan Senat Akademik.

“Kami coba komunikasikan service level agreement untuk setiap proses pengajuan. Misal terkiat lama proses di fakultas, di validator dan lainnya. Ke depan UGM akan terus memfasilitasi kemudahan kenaikan pangkat jabatan dosen,” pungkasnya.

BACA JUGA:

On This Day: 8 Juni 632 Nabi Muhammad SAW Wafat, Umar Bin Khattab Sempat tak Percaya

Mengapa Valentino Rossi Dijuluki The Doctor?

Kisah Nabi Adam Minta Buah-buahan dari Surga Menjelang Kematiannya

Kisah Nabi Luth Tawarkan Tiga Putrinya Agar Tamunya tak Dimangsa Kaum Sodom

Disebut Tiga Kali dalam Alquran, Delima Bisa Mengobati Banyak Penyakit

× Image