Home > Khazanah

Hadits Lalat Tercelup di Minuman, Shahih atau Palsu?

Karena di salah satu sayap lalat terdapat penyakit dan di sayapnya yang lain terdapat obat
Seekor lalat hinggap di daun. Hadits Lalat Tercelup di Minuman, Shahih atau Palsu? Foto: Republika/Putra M. Akbar
Seekor lalat hinggap di daun. Hadits Lalat Tercelup di Minuman, Shahih atau Palsu? Foto: Republika/Putra M. Akbar

MAGENTA -- Pernahkah kamu saat lagi enak-enaknya menikmati secangkir kopi, tiba-tiba ada seekor lalat jatuh ke dalam cangkir kopimu? Jika iya, bisa jadi kamu bimbang antara tetap menyeruput kopi tersebut atau menggantinya dengan secangkir kopi baru.

Ternyata, menurut sebuah hadits ,apabila ada lalat jatuh tercelup ke dalam minuman, boleh tetap meminumnya setelah menenggelamkan keseluruhan lalat tersebut, kemudian membuang lalat tersebut.

BACA JUGA: On This Day: 8 Juni 632 Nabi Muhammad SAW Wafat, Umar Bin Khattab Sempat tak Percaya

.

Hadits shahih tersebut diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari, Imam Abu Daud, Imam Nasai, Imam Ad-Darami, dan Imam Ibnu Hanbal yang bunyinya: "Jika ada lalat yang hinggap di bejana kalian, maka hendaklah ia mencelupkan seluruh tubuh lalat itu dan kemudian membuangnya."

Namun demikian, sebagian orang menilai hadits tentang lalat tersebut adalah palsu. Orang yang menyerang hadits shahih ini biasanya menggunakan sosok Abu Hurairah r.a. sebagai dalih yang mereka gunakan.

"Bahkan ilmuwan sekaliber Maurice Bucaille yang bukunya pernah kita terjemahkan dengan penuh rasa hormat, menganggap umat Islam bersedia menerima hadits ini disebabkan kebodohan mereka," tulis Muhammad Gethullah Gulen dalam bukunya yang berjudul Cahaya Abadi Muhammad SAW Kebanggaan Umat Manusia terbitan Republika.

BACA JUGA: Bolehkah Mengupah Penyembelih dengan Kulit Hewan Kurban?

Mereka yang pertama kali menolak hadits ini adalah...

× Image