Home > Khazanah

Niat dan Jadwal Puasa Sebelum Idul Adha 2023: Dzulhijjah, Arafah, dan Tarwiyah

Ibadah yang bisa dilakukan umat Muslim selama bulan Dzulhijjah adalah berqurban dan berpuasa.
Ilustrasi puasa. Niat dan Jadwal Puasa Sebelum Idul Adha 2023: Dzulhijjah, Arafah, dan Tarwiyah. Foto: Republika.co.id
Ilustrasi puasa. Niat dan Jadwal Puasa Sebelum Idul Adha 2023: Dzulhijjah, Arafah, dan Tarwiyah. Foto: Republika.co.id

MAGENTA -- Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan awal bulan Dzulhijjah 1444 H jatuh pada 20 Juni 2023. Ini berarti Idul Adha 10 Dzulhijjah versi pemerintah bertepatan dengan 29 Juni 2023.

Bulan Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hari-hari di mana amal shaleh di dalamnya lebih dicintai Allah SWT daripada hari-hari ini, sepuluh pertama bulan Dzulhijjah."

BACA JUGA: Idul Adha Sebentar Lagi, Apa Hukum Qurban dengan Biaya Utang?

.

Para sahabat lantas bertanya, "Wahai Rasulullah SAW, termasuk jihad fi sabilillah?" Rasulullah bersabda, "Termasuk jihad fi sabilillah. Kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak ada yang kembali sama sekali."

Ibadah yang bisa dilakukan umat Muslim selama bulan Dzulhijjah adalah berqurban dan berpuasa sunnah. Puasa di bulan Dzulhijjah dimulai pada 1-9 Dzulhijjah. Puasa Tarwiyah dilakukan pada 8 Dzulhijjah. Puasa Arafah.dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah.

BACA JUGA: Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag Diperpanjang Sampai 10 Juli 2023

Dikutip di Republika.co.id, dalam Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah oleh Nur Solikhin, disebutkan puasa Tarwiyah dan Arafah adalah puasa dalam rangka memperingati kisah ketaatan Nabi Ibrahim saat beliau bermimpi menyembelih anaknya, Nabi Ismail.

Puasa Arafah merupakan bertepatan saat jamaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah. Pemerintah Arab Saudi sudah menetapkan wukuf tahun ini jatuh pada 27 Juni 2023.

Sedangkan puasa Tarwiyah adalah puasa sehari sebelum hari wukuf. Puasa ini memiliki keutamaan (fadhilah) bagi yang menjalankannya.

BACA JUGA: Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

Jadwal puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah versi pemerintah dan Muhammadiyah...

× Image