Home > History

On This Day: 4 Juni 1989 Pembantaian Tiananmen, Ribuan Orang Diberondong Peluru

Segepok dokumen menyatakan korban tewas pembantaian Tiananmen mencapai 3.400 orang.

Tank Man

Dalam file foto tanggal 5 Juni 1989 ini, seorang pria yang kemudian dijuluki Tank Man, berdiri sendirian di depan barisan tank yang menuju ke timur di Changan Blvd Beijing, di Lapangan Tiananmen, Beijing. Foto: AP Photo/Jeff Widener
Dalam file foto tanggal 5 Juni 1989 ini, seorang pria yang kemudian dijuluki Tank Man, berdiri sendirian di depan barisan tank yang menuju ke timur di Changan Blvd Beijing, di Lapangan Tiananmen, Beijing. Foto: AP Photo/Jeff Widener

Pria heroik itu mengenakan kemeja putih sederhana dengan celana gelap dan tangan kirinya menenteng tas. Seperti yang didokumentasikan oleh film saat itu, pria itu mencoba menghentikan tank dengan telapak tangan kanannya, dan tank-tank tersebut berhenti sesaat. Kemudian, ia memanjat bagian depan tank dan berbicara dengan seorang anggota militer di dalam tank.

Atas aksinya itu, majalah Time menyebutnya sebagai "Pemberontak tidak Dikenal." Meski tanpa nama, pria itu masuk dalam daftar 100 orang paling penting di abad ke-20.

BACA JUGA: Lima Rekomendasi Channel Youtube untuk Olahraga di Rumah, Psst... Ramah untuk Pemula Kok

.

.

Sementara itu, Sunday Express mengidentifikasi pria itu adalah mahasiswa berusia 19 tahun bernama Wang Weilin. Teman-temannya saat itu mengatakan mereka khawatir dia dihukum mati.

Sampai saat ini identitas Tank Man belum terkonfirmasi positif. Apakah lelaki pemberani itu masih hidup atau sudah meninggal? Tapi, pujian keberaniannya akan terus dikenang dunia. Tiap tahun dunia mengingat aksi heroiknya sebagai simbol perlawanan.

Terakhir, meski Lapangan Tiananmen merupakan salah satu penanda paling terkenal di Beijing dan ada makam pendiri China modern Mao Zedong, namun Lapangan Tiananmen tidak pernah disebutkan di media China dan tidak diajarkan di sekolah. (MHD)

BACA JUGA:

On This Day: 30 April 1945, Sang Fuhrer Nazi Adolf Hitler Bunuh Diri di Bunker

On This Day: 26 April 1986 Tragedi Chernobyl, Lokasi Bisa Dihuni Manusia 3.000 Tahun Lagi

On This Day: 21 Mei 1981, Indonesia Geger Saat Hamka Putuskan Mundur Sebagai Ketua MUI

On This Day: 12 Mei 1998, Empat Mahasiswa Trisakti Gugur Saat Meminta Soeharto Mundur

On This Day: 21 Mei 1998, Cerita Soeharto Mundur Beserta Teks Lengkap Pengunduran Dirinya

× Image