Home > News

Siap-Siap, Google Berencana Hapus Akun tidak Aktif Mulai Desember

Akun dan konten berlaku di seluruh Google Workspace, termasuk Gmail, Docs, Drive, Meet, dan Calendar, serta YouTube dan Google Foto.
Logo Google di luar kantor pusat Google di Mountain View, Kalifornia, 20 Oktober 2015. Siap-Siap, Google Berencana Hapus Akun tidak Aktif Mulai Desember. Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez
Logo Google di luar kantor pusat Google di Mountain View, Kalifornia, 20 Oktober 2015. Siap-Siap, Google Berencana Hapus Akun tidak Aktif Mulai Desember. Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez

MAGENTA -- Perusahaan Google, Alphabet Inc mengatakan akan menghapus akun yang tidak digunakan selama dua tahun mulai Desember 2023, Selasa (16/5/2023). Langkah ini dilakukan dalam upaya untuk mencegah ancaman keamanan, termasuk peretasan.

Dilansir Reuters, Rabu (17/5/2023), perusahaan mengatakan jika akun Google tidak digunakan atau masuk (sign in) setidaknya selama dua tahun, perusahaan akan menghapus akun dan konten di seluruh Google Workspace, termasuk Gmail, Docs, Drive, Meet, dan Calendar, serta YouTube dan Google Foto.

BACA JUGA: Mengapa Magnet Punya Kutub Utara dan Selatan?

.

.

Perubahan kebijakan ini hanya berlaku untuk akun Google pribadi dan bukan untuk organisasi seperti sekolah atau bisnis. Pada 2020, Google mengatakan akan menghapus konten yang disimpan di akun yang tidak aktif, tetapi tidak menghapus akun itu sendiri.

Mulai Selasa, Google akan mengirimkan beberapa notifikasi ke alamat email akun dan surat pemulihan dari akun yang tidak aktif sebelum dihapus.

Tampilan Gmail di iOS. Foto: Imore
Tampilan Gmail di iOS. Foto: Imore

Pekan lalu, Elon Musk mengatakan Twitter akan menghapus akun yang tidak aktif selama beberapa tahun dan mengarsipkannya. Menurutnya, tindakan itu penting untuk membebaskan akun yang ditinggalkan.

BACA JUGA:

▶ Hal-Hal yang Hendaknya Dilakukan Jamaah Haji Saat di Pesawat Terbang

▶ Doa dan Niat Sholat Hajat Lengkap, Agar Keinginan Dikabulkan Allah SWT

▶ Resep Herbal Prof Hembing: Cara Melebatkan Rambut dan Mengatasi Uban

▶ Pertolongan Pertama Ketika Digigit Ular, Jangan Sedot Bekas Gigitan dengan Mulut!

▶ 6 Rekomendasi Film Romantis Arab, Layak Masuk Daftar Wajib Tonton

× Image