Home > History

Fitnah Luar Biasa! Cerita Haji Agus Salim Dituduh Intel Belanda dan Terima Upah

Pertemuan umum digelar untuk menjernihkan tuduhan pada Haji Agus Salim.

Pertemuan Umum Dihadiri 3.000 Orang

Haji Agus Salim. Foto: Wikipedia
Haji Agus Salim. Foto: Wikipedia

Pertemuan Umum untuk menjernihkan tuduhan Majalah Timboel terhadap Agus Salim digelar di gedung sekolah Adhi Darmo, Yogyakarta, pada 7 Mei 1927. Meski dilaksanakan malam hari, pertemuan penting itu dihadiri 3.000 pengunjuang.

"Sebanyak 500 kursi yang disediakan dalam sesaat sudah terisi penuh. Akhirnya menjelang pukul 21.00 tidak kurang dari 3.000 orang berdesak-desakan di gedung dan halaman Adhi Darmo yang khusus malam itu dibangun atap tambahan untuk mengantisipasi hujan," tulis Ridwan Saidi.

Tepat pukul 21.00, Agus Salim diiringi panitia memasuki arena pertemuan. Publik tidak memperlihatkan sikap sinis atau bermusuhan begitu melihat Agus Salim tiba di tempat. Sedangkan pihak redaksi Timboel telah memberitahukan sebelumnya akan datang terlambat.

.

.

Singgih dan Radjiman Wedyodiningrat beserta rombongan tiba lebih awal dari yang diperkirakan. Kedatangan mereka diiringi tepuk tangan publik sebentar tapi tidak merata.

Perdebatan segera dimulai. Perdebatan dipimpin oleh seorang ketua yang merangkap selaku ketua juri dan dilaksanakan di kamar paviliun sekolah

Aggota juri terdiri terdiri atas dua orang yang ditunjuk oleh PSI, dan dua orang lagi yang ditunjuk oleh Timboel. Keempat anggota dewan juri menunjuk seseorang lagi sebagai ketua juri atas dasar kesepakatan.

BACA JUGA: On This Day: 30 April 1945, Sang Fuhrer Nazi Adolf Hitler Bunuh Diri di Bunker

× Image