Home > History

Janji Mahathir Mohamad Temui Soeharto Jika Jadi Perdana Menteri, Memuji Setinggi Langit

Pada 1980-an, Mahathir Mohamad pernah berjanji akan menemui Presien Soeharto.

Tidak Boleh Membandingkan Indonesia dengan Malaysia

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad bersama Presiden Soeharto. Janji Mahathir Mohamad Temui Soeharto Jika Jadi Perdana Menteri, Memuji Setinggi Langit. Foto: Reuters
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad bersama Presiden Soeharto. Janji Mahathir Mohamad Temui Soeharto Jika Jadi Perdana Menteri, Memuji Setinggi Langit. Foto: Reuters

Mahathir menegaskan tidak boleh membandingkan Indonesia dengan Malaysia. Sebab, Indonesia adalah negara yang luas dengan banyak pulau, jumlah penduduk yang besar dengan suku-suku yang dimiliki.

Sedangkan Malaysia adalah negara kecil sehingga lebih mudah diurus. Jadi kejayaan Pak Harto lebih besar dibandingkan kejayaan di Malaysia.

Menurut Mahathir, Indonesia tidak bisa sama dengan melihat Malaysia. Sama halnya melihat Malaysia dengan Singapura, karena Singapura hanya sebuah bandar (kota). Dengan demikian, mengelola sebuah negara yang kecil lebih mudah dibandingkan mengelola sebuah negara yang besar.

.

.

"Pak Harto berjaya menyelesaikan permusuhan pada pengujung pemerintahan Bung Karno sehingga hal itu dapat dikurangi. Walaupun masih ada yang tidak setuju dengan Pak Harto, tetapi tidak menyebabkan pertikaian, dan Pak Harto bisa berbicara (menyelesaikan melalui pembicaraan-pembicaraan) dengan baik," kata mantan perdana menteri Malaysia itu. (MHD)

BACA JUGA:

Penghematan! Soeharto Putuskan tak Gelar Open House Idul Fitri 1987

Sukarno tak Puasa Ramadhan Saat Bacakan Teks Proklamasi, Apa Sebab?

On This Day: 26 Maret 1968, Soeharto Terima Mandat Jadi Presiden Gantikan Sukarno

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

Hanya Ada Tiga Jenderal Bintang Lima di Indonesia, Siapa Saja?

× Image