Home > History

Hari Buruh May Day: Dari Mesin Uap Hingga Revolusi Industri 4.0, Siapkah Buruh?

Revolusi industri yang lahir di Eropa pada abad 18 menggantikan tenaga hewan dan manusia.

Daftar penemuan penting di awal revolusi industri

Revolusi industri pada abad ke-18 dimana pabrik mulai menggunakan mesin untuk mendapatkan hasil berlipat ganda. Tampak pekerja menggunakan alat tenun Roberts, yakni alat tenun besi tuang yang diperkenalkan oleh Richard Roberts pada 1830. Foto: Wikipedia
Revolusi industri pada abad ke-18 dimana pabrik mulai menggunakan mesin untuk mendapatkan hasil berlipat ganda. Tampak pekerja menggunakan alat tenun Roberts, yakni alat tenun besi tuang yang diperkenalkan oleh Richard Roberts pada 1830. Foto: Wikipedia

1. Kumparan terbang (flying shuttle) cipataan John Kay tahun1733, dengan alat ini proses pemintalan dapat berjalan secara cepat.

2. Mesin pemintal benang (spinning jenny) ciptaan James Hargreves tahun 1767 dan Richard Arkwright 1769, dengan alat ini hasilnya berlipat ganda.

3. Mesin tenun (merupakan penyempurnaan dari kumparan terbang) ciptaan Edmund Cartwright tahun 1785, dengan alat ini hasilnya berlipat ganda.

.

.

4. Cottongin, alat pemisah biji kapas dari serabutnya ciptaan Whitney tahun 1794, dengan alat ini kebutuhan kapas bersih dalam jumlah yang besar dapat tercukupi.

BACA JUGA: Hari Buruh May Day: Dalam Islam Bekerja Bisa Bernilai Ibadah, Bagaimana Caranya?

5. Cap selinder ciptaan Thomas Bell tahun 1785, dengan alat ini kain putih dapat dilukisi pola kembang 200 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan pola cap balok dengan tenaga manusia.

6. Mesin uap, ciptaan James Watt tahun 1769, dari mesin uap ini dapat diciptakan berbagai peralatan besar yang menakjubkan, seperti lokomotif ciptaan Richard Trevethick tahun 1804 yang kemudian disempurnakan oleh George Stepenson menjadi kereta api penumpang. Kapal perang yang digerakkan dengan mesin uap diciptakan oleh Robert Fulton tahun 1814.

Mesin uap merupakan inti dari Revolusi Industri sehingga James Watt sering dianggap sebagai Bapak Revolusi Industri I. Penemuan-penemuan baru selanjutnya, semakin lengkap dan menyempurnakan. Hal ini merupakan hasil Revolusi Industri II dan III, seperti mobil pesawat terbang, industri kimia dan sebagainya.

7. Tahun 1750, Abraham Darby menggunakan batu bara untuk melelehkan besi untuk mendapatkan nilai besi yang lebih sempurna.

BACA JUGA: On This Day: 30 April 1945, Sang Fuhrer Nazi Adolf Hitler Bunuh Diri di Bunker

8. Tahun 1802, Symington menemukan kapal kincir.

9. Tahun 1807, Robert Fulton membuat kapal api yang tela menggunakan baling-baling yang dapat menggerakkan kapal. Kapal itu diberi nama Clermont yang mengarungi Samudera Atlantik pertama kali.

Kapal ini berangkat dari Paris dan berlabuh di New York. Selanjutnya, Robert Fulton berhasil membuat kapal perang pertama tahun 1814 yang digerakkan oleh mesin uap.

10. Tahun 1804, Richard Trevethick membuat kereta uap.

BACA JUGA: China Minggir Dulu, Juara Negara Terpadat di Dunia akan Dipegang Negara Ini

11. Tahun 1832, Samuel Morse membuat telegraf.

12. Tahun 1872, Graham Bell membuat pesawat telepon

13. Tahun 1887, Daimler membuat mobil.

Terakhir, Organisasi Ketenagakerjaan Internasional/International Labor Organization (ILO) mengatakan 56 persen lapangan kerja terancam akan hilang karena digantikan oleh robot dan otomasi. Maka, dampak yang paling besar dari Revolusi Industri 4.0, secara langsung dirasakan oleh buruh. Pertanyaannya, sesiap apa buruh Indonesia menghadapi Revolusi 4.0? (MHD)

BACA JUGA:

Sholat Tahajud: Niat, Waktu Pelaksanaan, dan Istighfar Lengkap dengan Artinya

Pangeran Wiraguna dari Banten, Benarkah Ia Seorang Belanda yang Memberi Nama Ragunan?

On This Day: 28 April 1945 Benito Mussolini Ditembak Mati, Jenazahnya Digantung dan Diludahi

Bacaan Wirid Sesudah Sholat Fardhu Lengkap

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

× Image