Home > Khazanah

Hari Buruh May Day: Dalam Islam Bekerja Bisa Bernilai Ibadah, Bagaimana Caranya?

Bagi Muslim, semangat kerja tidak hanya untuk meraih harta tetapi juga meraih ridha Allah SWT.

Amalan Tergantung Niatnya

Pekerja memproduksi kopiah di pabrik kopiah M. Iming, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/4/2023). Foto: Antara Foto//Raisan Al Farisi
Pekerja memproduksi kopiah di pabrik kopiah M. Iming, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/4/2023). Foto: Antara Foto//Raisan Al Farisi

Hadits tersebut menerangkan bagaimana pentingnya mengorientasikan niat karena Allah, termasuk dalam hal bekerja. Meniatkan bekerja hanya untuk memperoleh upah atau gaji semata maka yang diperoleh hanya sebatas materi.

Pimpinan Majelis Ar Raudhah Habib Novel Alaydrus, dikutip dari Republika.co.id, 5 Agustus 2021, mengatakan ketika pekerjaan diniatkan untuk mencari ridha Allah, maka Allah pun akan memberikan kemudahan dan mencukupi segala kebutuhan orang tersebut. Selain itu, orang yang memiliki tujuan Allah dalam pekerjaannya tak akan merasa khawatir kehilangan jabatan, berkurangnya penghasilan atau upah. Sebab,dalam hatinya sudah dipenuhi dengan kenikmatan dan rasa syukur kepada Allah.

Dalam artikel yang dimuat di laman resmi MUI, disebutkan bekerja yang didasarkan pada prinsip-prinsip iman bukan saja menunjukkan fitrah seorang muslim, tapi sekaligus meninggikan martabat dirinya sebagai hamba Allah SWT untuk menjadikan dirinya sosok yang amanah.

.

.

BACA JUGA: Doa Sayyidul Istighfar Bahasa Arab, Latin, Arti, dan Keutamaannya

Etos kerja merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam beraktivitas atau bekerja. Dalam Islam, etos kerja ini dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah SWT.

Etos kerja juga menunjukkan sikap pengabdian sebagaimana firman Allah,

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُون

“Dan tidak Aku menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”, (QS. Adz-Dzaariyat: 56).

Seorang Muslim yang memiliki etos kerja adalah mereka yang selalu obsesif atau ingin berbuat sesuatu yang penuh manfaat, yang menganggap pekerjaannya merupakan bagian amanah dari Allah. Sehingga dalam Islam, semangat kerja tidak hanya untuk meraih harta tetapi juga meraih ridha Allah SWT.

BACA JUGA:

Bacaan Wirid Sesudah Sholat Fardhu Lengkap

Pesan Buya Hamka: Jangan Buat Diri Merana karena Penyakit Jiwa

Niat Puasa Syawal 6 Hari, Hukum, dan Waktu Pelaksanaannya

Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Lengkap dengan Artinya

On This Day: 28 April 1945 Benito Mussolini Ditembak Mati, Jenazahnya Digantung dan Diludahi

× Image