Home > News

Asia Dikepung Suhu Setengah Mendidih, Warga Bisa Masak Telur di Bawah Matahari

Di sejumlah negara Asia, suhu panas ekstrem memecahkan rekor tertinggi.

Jaringan Listrik Terbebani

Seorang wanita berjalan dengan payung untuk melindungi diri dari gelombang panas di Mumbai, India, 17 April 2023. Foto: EPA-EFE/DIVYAKANT SOLANKI
Seorang wanita berjalan dengan payung untuk melindungi diri dari gelombang panas di Mumbai, India, 17 April 2023. Foto: EPA-EFE/DIVYAKANT SOLANKI

Lonjakan permintaan listrik sudah membebani kapasitas jaringan listrik di negara-negara miskin seperti Bangladesh, yang terpaksa memutus aliran listrik ke jutaan orang. Ratusan orang berkumpul di Dhaka minggu ini untuk berdoa memohon hujan.

India juga memperingatkan pemadaman karena penggunaan AC yang lebih tinggi dan pompa irigasi menghabiskan bahan bakar yang digunakan oleh pembangkit listriknya.

Ahli meteorologi AccuWeather Jason Nicholls mengatakan pemanasan yang disebabkan manusia membuat gelombang panas bertahan lebih lama dan pada intensitas yang lebih tinggi.

.

.

Pimpinan regional untuk kebijakan iklim di Climate Analytics Fahad Saeed mengatakan rekor panas tahun ini di Thailand, China, dan Asia Selatan adalah tren iklim yang jelas dan akan menyebabkan tantangan kesehatan masyarakat di tahun-tahun mendatang. Dia mengatakan dampaknya pada populasi yang rentan akan sangat mengerikan.

“Panas ekstrem yang kita saksikan selama beberapa hari terakhir akan paling parah menimpa orang miskin. Bahkan mungkin mengancam jiwa bagi mereka yang tidak memiliki akses ke pendingin atau tempat berlindung yang memadai,” katanya.

Rekor tahun terpanas di dunia sejauh ini adalah 2016, bertepatan dengan El Nino yang kuat. “Jika El Nino benar-benar berkembang, ada kemungkinan besar 2023 akan lebih panas dari 2016, mengingat dunia terus menghangat karena manusia terus membakar bahan bakar fosil,” kata dosen senior di Institut Grantham Imperial College London Profesor Friederike Otto.

BACA JUGA:

8 Rekomendasi Drama Korea untuk Si Introvert, Mana Favoritmu?

Ketika Muslim Sudan Sholat Idul Fitri di Tengah Desingan Peluru

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

Pernah Ditanya Soal Perbedaan Waktu Hari Raya, Ini Jawaban Buya Hamka

Doa Sholat Tahajud Beserta Niat, Keistimewaan, dan Bacaan Istighfar

× Image