Home > News

Asia Dikepung Suhu Setengah Mendidih, Warga Bisa Masak Telur di Bawah Matahari

Di sejumlah negara Asia, suhu panas ekstrem memecahkan rekor tertinggi.

Seluruh Sekolah di Benggala Barat Ditutup

Menteri utama Benggala Barat Mamata Banerjee menutup semua sekolah di negara bagian itu minggu ini karena kekhawatiran akan panas yang parah. Ia mendesak lembaga pendidikan swasta mengambil tindakan yang sama.

"Anak-anak sempat mengalami gangguan kesehatan seperti sakit kepala akibat panas," katanya, menurut media setempat.

Menteri Utama Benggala Barat Mamata Banerjee, menutup semua sekolah di negara bagian itu minggu ini karena kekhawatiran akan panas yang parah, dan mendesak lembaga pendidikan swasta untuk mengambil tindakan yang sama. Anak-anak sempat mengalami gangguan kesehatan seperti sakit kepala akibat panas, katanya, menurut media setempat.

.

.

Cuaca panas yang tidak biasa juga mendorong peringatan kesehatan di Thailand. Departemen kesehatan memperingatkan risiko sengatan panas, terutama bagi orang yang berolahraga atau bekerja berjam-jam di luar, seperti pekerja bangunan dan petani.

BACA JUGA: Cara Memakai Sunblock yang Benar

Ada kekhawatiran suhu tinggi dapat berlanjut di Thailand melebihi bulan-bulan musim panas yang biasa, menyebabkan kekeringan dan potensi gagal panen.

“Ratusan stasiun di lebih dari puluhan negara bagian memecahkan rekor," kata Herrera.

Mereka termasuk Kalewa di Myanmar barat laut, yang mencapai 44 C, rekor untuk bulan April dan Son La di Vietnam barat laut yang mencapai 38 C, rekor untuk bulan apa pun.

Temperatur naik di atas 30 C di Jepang, dengan Minamata di prefektur Kumamoto mencapai 30,2 C, rekor bulan April untuk area tersebut. Temperatur yang sangat tidak biasa untuk bulan ini juga tercatat di Asia Tengah, termasuk di Kazakhstan, di mana 33,6 C tercatat di Taraz, rekor untuk bulan April, dan di Turkmenistan dan Uzbekistan.

BACA JUGA: Niat Puasa Syawal 6 Hari, Hukum, dan Waktu Pelaksanaannya

× Image