Home > Gaya Hidup

Kamu Tim Mana: Kiris, Kyuris, Kris? Begini Cara Baca QRIS yang Benar

QRIS diluncurkan pada 17 Agustus 2019 sebagai cara pembayaran yang mudah dan aman.
Jamaah melakukan donasi dengan menggunakan fitur QR Code pada aplikasi Muamalat DIN di kotak amal Masjid Al-Muamalah, Muamalat Tower, Jakarta, Kamis, (12/1/2023). Foto: Republika/Prayogi
Jamaah melakukan donasi dengan menggunakan fitur QR Code pada aplikasi Muamalat DIN di kotak amal Masjid Al-Muamalah, Muamalat Tower, Jakarta, Kamis, (12/1/2023). Foto: Republika/Prayogi

MAGENTA -- Beberapa waktu lalu, warganet berdebat mengenai cara pengucapan QRIS yang benar. Meski sudah sering kita gunakan saat bertransaksi sehari-hari, namun masih banyak yang belum sepakat soal pengucapan QRIS yang benar.

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan standar QR Code nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. QRIS diluncurkan pada 17 Agustus 2019 agar proses transaksi pembayaran secara domestik menggunakan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Ada yang berpendapat cara penyebutannya Kyuris, Kris, bahkan Kiris. Perdebatan ini menjadi topik hangat dan membuat warganet terbelah antara #timkyuris dan #timkris. Sebenarnya bagaimana sih cara membacanya yang benar?

.

.

"Sobat rupiah kalau ingin bayar-bayar tinggal scan aja pakai Kris, ingat ya, bukan Kyuris, tapi Kris," ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di akun Instagram Bank Indonesia.

Pernyataan Perry tersebut akhirnya menjawab rasa penasaran warganet soal penyebutan QRIS yang benar. Nah, gimana, kamu join #timkris atau tetap kekeuh jadi #timkyuris?

BACA JUGA:

Ramai Penipuan Kotak Amal Pakai QRIS di Masjid, Apa Itu QRIS?

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

8 Pendapat Ulama Soal Kapan Waktu Lailatul Qadar

10 Film Netflix Paling Banyak Ditonton, Mana Favoritmu?

Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

× Image