Home > History

On This Day: 1 April 2004, Google Luncurkan Gmail

Di awal kelahirannya Gmail memberi kapasitas ruang penyimpanan gratis 1 GB.
Logo aplikasi Gmail di sebuah iPad. On This Day: 1 April 2004, Google Luncurkan Gmail. Sumber: AP/Patrick Semansky
Logo aplikasi Gmail di sebuah iPad. On This Day: 1 April 2004, Google Luncurkan Gmail. Sumber: AP/Patrick Semansky

MAGENTA -- Tahukah Anda? Hari ini Google Mail (Gmail) berulang tahun yang ke-19. Gmail adalah layanan surat elektronik milik Google.

Pertama kali diluncurkan pada 1 April 2004, Gmail dalam bentuk beta saat itu hanya untuk kalangan tertentu dengan sistem undangan. Gmail baru bisa digunakan untuk publik pada 7 Februari 2007. Dua tahun kemudian, bersama seluruh produk Google Apps, layanan Gmail tidak lagi beta.

Adalah Paul Buchheit seorang insinyur komputer Google yang mencetuskan ide pengembangan Gmail dengan kode proyek bernama Caribou. Selama proses pengembangan awal, Gmail adalah proyek yang dirahasiakan dari sebagian komputer Google.

Dikutip dari The Washington Post pada 2019, di awal kelahirannya Gmail memberi kapasitas ruang penyimpanan gratis 1 GB per akun. Kapasitas tersebut mungkin terdengar tidak banyak saat ini, tapi pada 2004, 1 GB adalah jumlah yang sangat besar!

Bayangkan, saat itu pesaingnya, Hotmail dan Yahoo hanya memberikan kapasitas ruang penyimpanan 2 hingga 4 MB per akun. Jelas, Gmail langsung diterima masyarakat luas.

Gmail juga dapat mengirimkan lampiran hingga 25 Mb per email. Hingga Juni 2012, Gmail menjadi layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Saat ini, Gmail menawarkan kapasitas 15 GB gratis untuk penggunanya.

Baca juga: 50 Tahun Evolusi Ponsel, dari Seukuran Batu Bata Hingga Layar Lipat

× Image