Home > Gaya Hidup

700 Juta Ton Karbondioksida Bisa Dikurangi Jika Kita Bersepeda Setiap Hari

Sepeda berperan penting di masa depan dalam menurunkan jejak karbon transportasi global.
Warga mengayuh sepeda di jalan kawasan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Ahad (8/5/2022). 700 Juta Ton Karbondioksida Bisa Dikurangi Jika Kita Bersepeda Setiap Hari. Foto: ANTARA/Siswowidodo
Warga mengayuh sepeda di jalan kawasan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Ahad (8/5/2022). 700 Juta Ton Karbondioksida Bisa Dikurangi Jika Kita Bersepeda Setiap Hari. Foto: ANTARA/Siswowidodo

NEW YORK -- Penelitian terbaru menunjukkan dunia bisa mengurangi hampir 700 juta ton polusi karbon setiap tahun — lebih dari emisi tahunan Kanada — jika setiap orang mengadopsi cara hidup orang Belanda dan bersepeda setiap hari.

Sektor transportasi saat ini menyumbang seperempat dari semua emisi gas rumah kaca terkait bahan bakar. Emisi ini yang menghangatkan planet ini.

BACA JUGA: Lima Rekomendasi Channel Youtube untuk Olahraga di Rumah, Psst... Ramah untuk Pemula Kok

Setengah dari emisi tersebut berasal dari mobil penumpang. Permintaan transportasi di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat tiga kali lipat pada pertengahan abad ini. Saat ini, pemerintah dan industri telah beralih ke kendaraan listrik, dengan 6,75 juta unit terjual pada 2021 saja.

Penjualan kendaraan dilacak dan dipublikasikan setiap tahun. Namun, sulit menghitung produksi dan kepemilikan teknologi rendah karbon yang jauh lebih tua: sepeda. Sebuah tim peneliti internasional telah mengumpulkan dataset global pertama tentang kepemilikan dan penggunaan sepeda oleh negara sejak awal 1960-an, menggunakan pemodelan statistik untuk mengisi kesenjangan informasi.

Mereka menemukan antara 1962-2015, produksi sepeda global melampaui produksi mobil. China menyumbang hampir dua pertiga dari lebih dari 123 juta sepeda yang diproduksi pada 2015.

BACA JUGA: Inilah Jenis Olahraga Terbaik untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Menulis di jurnal Communications Earth and Environment, tim menunjukkan kepemilikan sepeda umumnya lebih tinggi di negara-negara berpenghasilan tinggi dan menengah ke atas – tetapi begitu juga persentase perjalanan yang dilakukan dengan mobil. Artinya, kepemilikan sepeda yang tinggi tidak serta-merta menyebabkan penggunaan sepeda yang tinggi.

Di antara 60 negara yang termasuk dalam kumpulan data, pangsa penggunaan sepeda untuk perjalanan hanya lima persen. Beberapa negara, hanya kekurangan stok sepeda, sementara yang lain dengan kepemilikan sepeda yang tinggi, seperti Amerika Serikat, cenderung melihat bersepeda lebih sebagai kegiatan rekreasi daripada moda transportasi.

BACA JUGA: Tips Memulai Olahraga Buat Kamu yang Mager

× Image